Inilah Prediksi Perolehan Suara 4 Paslon Pilkada Palembang

Politik  MINGGU, 03 JUNI 2018 , 15:23:00 WIB | LAPORAN: RAHMAD RAMLI

Inilah Prediksi Perolehan Suara 4 Paslon Pilkada Palembang

RMOLSumsel

RMOLSumsel. Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) merilis hasil prediksi perolehan suara empat pasangan calon (Paslon) di Pilkada Palembang pada 27 Juni mendatang.

Prediksi yang dilakukan LKPI tersebut berdasarkan hasil survei selama 6 hari mulai 25 hingga 31 Mei lalu ke seluruh wilayah kecamatan di Kota Palembang. Dimana dari hasil prediksi itu perolehan suara Harnojoyo selaku incumbent akan bersaing ketat dengan paslon nomor dua Sarimuda-Rozak.

"Selain itu prediksi ini juga berdasarkan tingkat keyakinan dari masyarakat terhadap calon yang mereka pilih mulai dari sangat yakin, yakin, kurang yakin, tidak yakin, dan tidak yakin sama sekali," ungkap Ariyanto dari LKPI, Minggu (3/6).

Dari hasil prediksi itu LKPI menilai paslon nomor dua yakni Sarimuda-Rozak bakal meraih 53 persen suara. Dimana mereka yang sangat yakin mencapai 40 persen, kategori yakin 13 persen.

Sementara pasangan Harnojoyo-Fitri diperkirakan meraih suara sebanyak 44 persen yakni 28 persen sangat yakin dan 16 persen yakin dengan pilihan.

Namun suara mengambang atau kurang yakin dengan pilihannya untuk Harnojoyo sebesar 30 persen sementara Sarimuda hanya 9 persen.

Untuk Paslon nomor 3 yakni Alfaro-Hernoe (AKHOR) diprediksi meraih 5 persen suara. Sementara pasangan Mularis-Syaidina Ali (MUSI) meraih 8 persen.

Ariyanto menilai akan terjadi persaingan ketat antara Paslon nomor 1 dan 2. Peluang kedua pasangan ini untuk memperbesar suara  ada di swing voter yang diperkirakan mencapai 22 persen.

"Faktor figur, visi dan misi Paslon sangat mempengaruhi pemilih swing voter ini. Kemudian debat publik juga punya peluang besar untuk meningkatkan elektabilitas calon. Setidak 53 persen swing voter akan terpengaruh setelah melihat debat publik," urainya. [rhd]



Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00