Rayakan Hari Raya Waisak, Umat Lakukan Ritual Mandi Budha

Budaya  SELASA, 29 MEI 2018 , 20:43:00 WIB

Rayakan Hari Raya Waisak, Umat Lakukan Ritual Mandi Budha

mandi

RMOLSumsel. Hari libur nasional Hari Raya Waisak 2562  merupakan hari besar umat Budha. Untuk merayakan Hari Raya Waisak, Selasa (29/5), seperti biasanya umatAagama Budha berdatangan ke vihara dari pagi.

Umat Budha melakukan ibadah sembahyang dan ritual lainnya di berbagai vihara, salah satunya di Vihara Maitreya Duta Jl Semeru No 116  Lapangan Hatta 17 Ilir, Palembang,  Di sini ramai umat menjalankan ritual ibadah.

Ada satu ritual yang disebut dengan Mandi Budha. Sekumpulan umat Budha tampak mengelilingi kolam kecil berisikan air yang telah ditaburi berbagai macam bunga. Ada pula patung Budha kecil. Patung Budha Kecil ini disiram oleh seorang yang tengah melakukan ibadah dengan gayung kecil layaknya memandikan seseorang.
Salah seorang pengusaha ternama di Kota Palembang, Cece Elis, melakukan ritual ibada di vihara ini.
"Mandi Budha ini merupakan tradisi dari agama kami, setiap perayaan kami selalu antre untuk ikut serta ritual ini demi mengambil berkat dari air pemandian Budha ini, semoga kami selamat, sejahtera dan lebih baik dalam berkehidupan di dunia," papar Ellis.

Ia menambahkan, "Setelah berdoa dan mandikan Budha, airnya kami ambil secukupnya karena air mandi Budha ini anggap air berkat. Bisa dipakai buat obat, buat mandi, dan buat apa saja yang bermanfaat, bagi kami ini adalah air keajaiban untuk perayaan Waisak ini."

Sementara itu Romli sebagai petugas keamanan di lingkungan vihara mengatakan, perayaan yang dimulai dari pagi hingga acara sembahyang umat ini berjalan dengan lancar. Untuk meningkatkan pengamanan, pihaknya hanya memeriksa perkiraan tamu yang hadir.

"Sepanjang ritual berlangsung,  tidak ada yang mencurigakan, dan kmi berharap sampai dengan malam ini, rangkaian acara di vihara ini bisa berjalan sampai dengan selesai dan aman," ungkapnya.  [nur asiah/ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00