155 Hotel 10 Ribu Kamar Buat Asian Games

Olahraga  JUM'AT, 25 MEI 2018 , 23:42:00 WIB

155 Hotel 10 Ribu Kamar Buat Asian Games

Foto/Net

RMOLSumsel. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Aspiudin mengatakan sangat menyambut baik even akbar tersebut. Ketersediaan tempat menginap jadi penting saat ini.

Sebab, event Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan, dipastikan akan kedatangan ribuan atlet dari berbagai negara.

Selain didampingi ofisial, para atlet ini juga diyakini didampingi pejabat dan keluarga para peserta.

Menurut Herlan, saat ini di Palembang ada sebanyak 155 hotel mulai dari yang nonbintang hingga bintang lima.

Dari jumlah itu, ada sekitar 10.000 kamar yang sudah siap untuk digunakan selama Asian Games 2018. "Ada dua atau tiga hotel lagi yang sedang dikebut penyelesaiannya. Mudah-mudahan bisa selesai sebelum Asian Games," ungkapnya.

Sepengetahuannya, ada sekitar enam hotel yang telah di-booking.

Yang menginap di hotel paling juga pejabat dan ofisial dari negara peserta,” kata Ketua PHRI Sumsel, Herlan Asfiudin. Sedang para atlet menginap di Athlete Village JSC.

Pemprov Sumsel juga menyiapkan paket wisata untuk menggaet para wisatawan. Dari total objek wisata di Sumsel mencapai 968 tempat. Sedangkan di Palembang 66 objek wisata, hanya 11 objek wisata yang akan difokuskan dan dimaksimalkan.

Rencana itu diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, kemarin. "Iya, saat Asian Games ada 11 objek wisata yang akan kami fokuskan," katanya.

Saat ini, sambung dia, objek wisata tersebut tengah berbenah dan akhir tahun sebagian rampung. Namun ada pula yang akan dilanjutkan prosesnya pada 2018 mendatang. Mulai dari rehat, sisi visualisasi hingga penataan tata kelola.

Di setiap objek wisata, akan ada hibran rakyat. Contoh di Pulau Kemaro akan ada atraksi barongsai. Lalu di Bukit Siguntang akan ada atraksi teater dan lainnya. "Setiap pengunjung akan diberikan pengalaman yang berbeda," ujarnya.

Assistance Director of Sales Hotel Aston, Anggra Pratama mengatakan, untuk Asian Games pihaknya sudah terima tamu dan sudah ada grup dari Jakarta, yakni tamu untuk media luar negeri.

"Untuk hal ini, kami memang sudah kerja sama dengan Inasgoc. Secara kuota memang belum ada, tapi untuk pemesanan atau booking dari Jakarta," terangnya, kemarin (23/5).

Public Relation The Zuri Palembang, Dama menjelaskan, salah satu alasan ZHM membangun brand The Zuri di Palembang adalah Asian Games. "Hotel sudah disiapkan oleh ZHM dengan total kamar 214 buah dan tentunya fasilitas kelas internasional,” ujarnya.

Beberapa negara telah booking melalui Inasgoc bekerja sama dengan The Zuri yang juga berkomitmen mendukung dan menyukseskan pesta olahraga tingkat Asia ini. Fasilitas yang ditawarkan jika menginap di sana seperti skypool, skylounge, skygym, spa, makan place resto, dan tentunya terintegrasi dengan transmart, salah satu mall besar di Palembang.

Terpisah, General Manager (GM) The Arista Hotel Palembang Andreas Christanto melalui Public Relation (PR), Alan Budiman mengatakan, persiapan sudah dilakukan jauh hari. Baik itu kamar maupun renovasi lain.

"Sekitar 90 persen kamar disiapkan atau lebih dari 100 kamar. Mulai dari tipe Superior hingga tipe Arista Suite,” bebernya. Pengamanan pun akan diperketat dan ditingkatkan.

"Kami akan terus melakukan pemutakhiran dari pengalaman sebelumnya dalam melayani tamu-tamu VVVIP seperti menteri dan para duta besar,” bebernya seperti diberitakan JPNN, Jumat (25/5).

Khusus The Arista Hotel Palembang, prinsipnya menerima tamu-tamu VVIP (duta besar, menteri) yang ingin menginap. Untuk negara mana saja yang sudah booking dan jumlah kamar, dia tak bersedia mengungkap.[rik] 

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00