Restorasi Sungai Sekanak Sudah Mulai Dilakukan

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 23 MEI 2018 , 11:36:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Restorasi Sungai Sekanak Sudah Mulai Dilakukan

net

RMOLSumsel. Proses restorasi Sungai Sekanak mulai berjalan. Dimana, saat ini pihak kontraktor pemenang tender, sudah melakukan pemagaran dan mobeler peralatan sudah berada di tempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang, Ahmad Bastari menyampaikan, proses pekerjaan restorasi Sungai Sekanak sudah berjalan sejak satu Minggu yang lalu dan saat ini sedang tahap persiapan pekerjaan fisik.

"Peralatan sudah masuk semua, dan sedang persiapan pekerjaan," ungkapnya via telp, Rabu (23/5/18).

Bastari menyampaikan, pekerjaan restorasi Sungai Sekanak yang telah direncanakan sejak 2016 lalu oleh Walikota Palembang yang saat itu dijabat H. Harnojoyo, akan memakan waktu tiga bulan atau 90 hari waktu kerja.

"Kita berharap secara fisik dapat selesai saat Asian Games. Meski belum selesai 100%," harapnya.

Seperti yang pernah disampaikan sebelumnya, pembangunan restorasi Sungai Sekanak yang disampaikan merupakan tahap awal perbaikan sungai yang telah dicanangkan oleh Walikota sebelumnya.

Saat ini, pembangunan akan segera direalisasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang, sebesar Rp7,5 miliar.

"Saat ini kita sudah selesai tender dan sudaj dapat pemenang tender. Tinggal pelaksanaan yang akan dilakukan dalam waktu satu dua hari lagi," jelasnya.

Bastari menyampaikan, restorasi ini akan berlangsung dari kawasan sungai Sekanak hingga ke sungai Lambirado Kecamatan Gandus.

Untuk yang saat ini menjadi proyek tahap awal, yang akan dilakukan Pemkot Palembang.

"Untuk tahap awal ini kita bangun di 2018 ini, dan akan dilakukan bertahap," ungkapnya.

Nantinya, Sungai Sekanak hingga ke Sungai Lambidaro akan digali sedalam 2 meter (M), sehingga air pasang surut dari Sungai Musi dapat masuk ke anak-anak sungai tersebut.

Sungai inipun nantinya tidak akan kotor, karena akan dilengkapi dengan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). Sehingga akan jadi wisata sungai dan dapat digunakan untuk berlayar.

"Jadi air sungai ini tidak lagi kotor, jernih, karena air sungai bisa masuk. Nah setelah ini selesai dibangun, kami harap tidak lagi membuang limbah ke sungai," jelasnya.

Untuk merealisasikan proyek ini, sejumlah jembatan yang dilalui sungai akan sedikit dirombak. Jembatan yang sebelumnya datar, akan dirubah sedikit melengkung, agar perahu atau rakit bisa melintas.

Dimana, ada tujuh jembatan yang akan dirombak, yakni jembatan di Jalan Merdeka, Jalan Rivai, Jalan Radial, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Lunjuk, dan Jalan Puncak Sekuning.

"Kalau tidak di lengkungkan otomatis perahu tidak bisa melintas," tegasnya.

Bastari menerangkan, untuk pilot project dari sungai Sekanak ke jalan Merdeka akan selesai sebelum Asian Games mendatang agar bisa dilalui oleh perahu.

"Untuk kelanjutannya menuju ke Sungai Lambidaro akan selesai pada tahun 2019.‎ Kanan kiri sungai ini akan dibebaskan dan dibuat jalan seperti pedestrian dan tengah pengaliran sungai," tandasnya. [sri]



Komentar Pembaca
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00