Persoalan Parkir Masuk Jadi Salah Satu Usulan Rancangan Perda Inisiatif

Politik  SENIN, 21 MEI 2018 , 15:38:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Persoalan Parkir Masuk Jadi Salah Satu Usulan Rancangan Perda Inisiatif

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Persoalan parkir di Kota Palembang masih menjadi masalah yang cukup serius. Salah satunya adalah terkait besaran tarif retribusi parkir dan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang.

Hal itu membuat salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, mengajukan usulan rancangan Peraturan Daerah (Perda) Inisiatif tentang perpakiran.

Inisiator usulan rancangan Perda inisiatif, M Hidayat menyampaikan, Undang-undang (UU) Pemerintah Daerah tentang penerimaan daerah dan juga UU tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah, menetap kan pajak daerah dan retribusi daerah sebagai sumber PAD yang bersumber dari daerah itu sendiri.

Salah satu sumber-sumber PAD yang potensial adalah dari sektor jasa perparkiran. Melihat kondisi perparkiran di Kota Palembang saat ini, dirasa perlu ada Perda inisiatif untuk meningkatkan pendapatan dari sektor ini.

"Sebelum dibahas dan disepakati oleh bersama kepala daerah, hari ini saya sampaikan beberapa point terkait usulan Perda inisiatif," jelasnya dihadapan peserta Sidang Paripurna DPRD Kota Palembang, Senin (21/5/18).

Anggota DPRD Kota Palembang dari partai Golkar ini juga menyampaikan, berbagai persoalam parkir yang terjadi di Palembang, menjadi salah satu alasan kuat munculnya usulan Perda inisiatif yang diusulkan hari ini.

Karena, sejak era otonomi daerah yang secara resmi mulai diberlakukan di Indonesia sejak 1 januari 2001 lalu, menghendaki daerah untuk berkreasi dalam mencari sumber penerimaan yang dapat membiayai pengeluaran pemerintah dan pembangunan.

Dalam melaksanakan otonomi daerah wajib memenuhi kebutuhan daerahnya sesuai dengan anggaran yang ditetapkan dengan mengutamakan PAD dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selama ini capaian target retirbusi parkir tidak pernah tercapai, padahal Palembang memiliki potensi parkir yang luar biasa," ungkapnya.

Dalam rangka pencapaian pelayanan dan pelaksanaan pembangunan secara efektif dan efisien, maka setiap daerah harus secara kreatif mampu menciptakan dan mendorong semakin meningkatnya sumber-sumber PAD, dirinya mengusulkan usulan rancangan Perda inisiatif soal perparkiran.

Dimana, dalam UU Pemerintah Daerah tentang penerimaan daerah dan juga UU tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, menetapkan pajak daerah dan retribusi daerah sebagai sumber PAD yang bersumber dari daerah itu sendiri.

Salah satu sumber-sumber PAD yang potensial adalah dari sektor jasa perparkiran. Dengan demikian pemerintah daerah diharapkan mampu mengelola potensi yang ada didaerah.

"Kita ingin masyarakat nyaman, tidak hanya persoalan fasilitas infrastruktur. Masalah parkir ini juga harus dibenahi, apalagi masalah parkir di Palembang juga berkaitan dengan perlindungan konsumen. Karena, banyak juru parkir yang tidak paham dengan tugas dan aturan hukum soal retirbusi parkir. Dimana hal itu menyebabkan banyak juru parkir menerapkan tarif parkir di luar ketentuan Perda," ulasnya.

Adapun penyusunan rumusan rancangan Perda tentang perparkiran Kota Palembang adalah, pertama permasalahan hukum yang dihadapi pengelolaan parkir, kedua pengaturan kewenangan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan perparkiran di Kota Palembang sesuai dengan asas tata kelola pemerintahan yang baik.

Terakhir, merumuskan sasaran yang akan diwujudkan, ruang lingkup pengaturan, jangkauan dan arah pengaturan rancangan Perda tentang parkir.

"Jadi pengelolaan parkir menjadi hal penting, karena merupakan ilmu manajemen yang berhubungan dengan proses mengurus dan menangani sesuatu untuk mewujudkan tujuan tertentu yang ingin dicapai demi kesejahteraan masyarakat," tandasnya. [sri]


Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00