Soal Lalulintas Armada Baturaja, Terpenting Saat Ini Tidak Ganggu Aktifitas Masyarakat

Ekonomi  SENIN, 21 MEI 2018 , 11:15:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Soal Lalulintas Armada Baturaja, Terpenting Saat Ini Tidak Ganggu Aktifitas Masyarakat

net

RMOLSumsel. Truk angkutan batubara yang melintas di jalan lintas Sumatera mulai dari perbatasan Ogan Komering Ulu (OKU) dengan Muara Enim hingga OKU Timur Banyak dikeluhkan masyarakat. Alasannya selain menyebabkan kemacetan, muatan batubara yang melebihi tonase juga dianggap sebagai salah satu penyebab Jalan menjadi rusak.

Hingga saat ini belum ada jalur khusus untuk truk batubara dan angkutan berat lainnya. Begitu juga dengan pengaturan waktu yang dibolehkan bagi angkutan batubara melintas sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

Kapolres OKU melalui Kasat Lantas AKP Candra Kirana Putra mengungkapkan, pihaknya belum bisa berbuat banyak untuk mengatur lalu lintas truk batubara tersebut. Pihaknya dalam hal ini hanya dapat menindak jika terjadi pelanggaran.

"Yang dibutuhkan saat ini adalah bagaimana angkutan batubara bisa melintas dengan aman namun tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Polisi tidak bisa menindak dengan alasan lain, karena memang belum ada aturannya kecuali pelanggaran lalu lintas," jelasnya.

Namun pihaknya bersama pemerintah daerah telah beberapa kali membahas terkait angkutan batubara tersebut agar dapat ditemukan solusi yang tepat. Sehingga keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dapat tercipta.

Menurut dia Kementerian Perhubungan masih meminta data jumlah perusahaan angkutan batubara di seluruh kabupaten di Sumatera Selatan. Jika sudah ada, maka seluruh pemangku kepentingan akan diundang ke Palembang untuk membahas jam jalan, parkir, pool, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

"Kita masih menunggu Kementerian yang mengumpulkan jumlah perusahaan untuk membahas mekanisme, termasuk mengatur jam yang diperbolehkan melintas, hingga dimana truk parkir di saat tidak boleh melintas, namun tidak mengganggu pengguna jalan lainnya," tandasnya. [sri]



Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00