Disambar Badai Petir, Sapi Bergelimpangan Tak Lagi Bernyawa

Peristiwa  MINGGU, 20 MEI 2018 , 05:53:00 WIB

Disambar Badai Petir, Sapi Bergelimpangan Tak Lagi Bernyawa

Foto/JPNN

RMOLSumsel. Warga Desa Baringin Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel, Kamis (17/5) tertimpa musibah.

Sapi-sapi peliharaan warga bergelimpangan disambar petir hingga mati. Sapi yang mati merupakan sapi sehat yang siap jual.

Pemilik Muhammad Hidayat harus rela menelan kerugian sekitar Rp 50 juta atas matinya sapi-sapinya yang diternak liarkan di sekitar perkebunan sawit. Memang wilayah HSU saat pergantian musim terjadi badai petir kerap menjadi ancaman.

Kabid Produksi Peternakan Akhmad Rijani yang memantau insiden ini mengatakan pihaknya telah memastikan kematian ternak-ternak itu karena sambaran petir. Saat ini mereka melakukan pendataan dan pendokumentasian kerugian ternak. Termasuk melakukan diagnosa terhadap sampel sapi yang mati tersebut.

"Pemilik sudah dimintai keterangan. Dan dugaan kuat yakni sambaran petir. Meski ada juga info beredar yakni keracunan, tetapi itu belum bisa dibuktikan," sebutnya.

Disinggung soal asuransi jaminan ternak dari pemerintah, Rijani mengakui belum masuk daftar asuransi.

"Ini yang kami sesalkan. Sebab belum terdaftar. Ini musibah yang tak disangka-sangka. Pendataan ternak juga sulit sebab sebagian ternak dilepasliarkan, sehingga petugas sulit mendata," jawabnya.

Bahkan sapi yang mati ini merupakan gembala sistem ekstensif program integrasi sapi dan sawit di tahun 2015 lalu yang masih berjalan sampai saat ini sebagaimana diberitakan JPNN, Minggu (20/5).[rik]

Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00