Penumpang Ngaku Teroris, Penerbang Lion Air Riau Tertunda

Ragam  KAMIS, 17 MEI 2018 , 12:11:00 WIB | LAPORAN: RAHMAD RAMLI

Penumpang Ngaku Teroris, Penerbang Lion Air Riau Tertunda

net

RMOLSumsel. Penerbangan Lion Air nomor JT 291 rute Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau (PKU) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) tertunda selama 2 jam, Rabu (16/5).
 
Tertundanya penerbangan Lion Air dengan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGV akibat adanya guruan salah satu penumpang yang mengaku sebagai teroris.

"Ada gurauan bom (bomb joke) dari seorang penumpang laki-laki berinisial (DB) dengan nomor kursi 9C yang ketika dalam proses masuk ke pesawat (boarding), DB mengaku kepada salah satu awak kabin (flight attendant/ FA) sebagai seorang teroris dan membawa bom dalam tas," kata Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air kepada RMOLSumsel.

Atas guruan itu manajemen Lion Air langsung menunda penerbangan dengan menjalankan prosedur tindakan menurut standar penanganan ancaman bom. Sehingga seluruh 200 penumpang dewasa, barang bawaan dan kargo, harus kembali ke terminal keberangkatan untuk dilakukan tahapan pengecekan ulang kembali (screening).

"Atas kerjasama yang baik diantara kru pesawat, petugas layanan di darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/ avsec), maka proses  pemeriksaan  diselesaikan  secara  teliti, tepat dan benar," kata Danang.

Atas kejadian itu Lion Air menurunkan (offload) DB berikut bagasi dan barang bawaannya serta menyerahkannya  ke avsec airlines, avsec Angkasa Pura II cabang Pekanbaru.

"Lion Air JT 291 telah diberangkatkan dengan jadwal terbaru pukul 15.54 WIB dari jadwal penerbangan semula pukul 13.35 WIB. Pesawat telah mendarat di Cengkareng pada 17.22 WIB," terangnya.

Kejadian tersebut mengakibatkan keterlambatan terbang dari Cengkareng menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) dan Bandar Udara Internasional El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (KOE). Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar jaringan penerbangan Lion Air lainnya tidak terganggu. [rhd]
 

Komentar Pembaca
Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno
BENANG MERAH (EPS.151): Tak Ada Paslon Yang Tak Retak
Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

JUM'AT, 06 JULI 2018 , 18:37:00