Pertamina Jamin Distribusi BBM, LPG Dan Avtur Ramadan Dan Idul Fitri Aman Terkendali

Ekonomi  RABU, 16 MEI 2018 , 21:25:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Pertamina Jamin Distribusi BBM, LPG Dan Avtur Ramadan Dan Idul Fitri Aman Terkendali

General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto menjamin distribusi energi BBM, LPG dan avtur saat ramadhan da Idul Fitri aman terkendali.

Erwin menambahkan,    sebagai persiapan untuk menjaga kelancaran distribusi energi dan layanan selama Ramadhan dan Idul Fitri, seluruh Terminal BBM di wilayah Sumbagsel akan stand by selama 24 jam.    

Selain itu, disetiap TBBM juga sudah disiapkan tambahan mobil tanki (MT) untuk melayani masyarakat diluar penyaluran normal.    

Pertamina MOR II Sumbagsel juga akan menempatkan 5 Kios Pertamax di Jalur Tol dan Pelabuhan Bakauheni, Dex kemasan di Jalur Lintas utama, 25 motoris    kemasan, Mobil Tanki Dispenser, Kantong BBM (Mobile Storage), dan SPBU Buffer    Stock.    

Untuk Sumatera Selatan, konsumsi    BBM selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri juga akan mengalami    peningkatan. Untuk saat ini, prediksi peningkatan untuk BBM jenis gasoline di Sumatera Selatan diperkirakan mencapai 15%.

Peningkatan konsumsi tertinggi diperkirakan terjadi pada jenis BBM Pertamax Turbo sebanyak    42%, Pertalite 22%, Pertamax 21%, dan Premium 24%. Mengantisipasi kenaikan konsumsi tersebut, Pertamina sudah     menyiapkan 5 unit mobil tanki tambahan dengan total kapasitas 104 Kilo Liter (KL) di    TBBM Kertapati dan 2 unit mobil    tanki tambahan dengan total kapasitas 32 KL di TBBM    Lubuk Linggau, 5    unit    motoris kemasan, dan 1 unit mobil    tanki dispenser di Kota    Palembang.    

Untuk ketersediaan LPG, Pertamina MOR II Sumbagsel juga memprediksikan adanya peningkatan menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Prediksi peningkatan konsumsi LPG 3 Kg diperkirakan mencapai 11%, karenanya sebagai antisipasi, rencana penyaluran LPG 3 Kg di wilayah Sumbagsel untuk Bulan Juni diperkirakan naik hingga 3.6% dari penyaluran di Bulan Mei, jika     dibandingkan dengan penyaluran lebaran 2017, maka terdapat peningkatan    penyaluran sebanyak 8%.

Sedangkan untuk    Elpiji 12    Kg, rencana penyaluran pada Bulan Juni diperkirakan menurun sebanyak 5% dibandingkan penyaluran Bulan Mei yang diakibatkan oleh libur lebaran.    

Namun demikian,     Pertamina tetap menyiapkan    rencana    penyaluran Elpiji 12 Kg sebanyak 3.526    Metrik Ton serta varian Bright    Gas    5.5    Kg sebanyak    347 MT    dan Bright Gas 12 Kg    721    MT untuk periode    H-15 dan H+15.    

Untuk Sumatera Selatan, penyaluran varian LPG 3     Kg    di Bulan Juni diperkirakan    meningkat sekitar 5.85% dan    untuk penyaluran    Elpiji 12    Kg berkurang sekitar    4.9% jika dibandingkan dengan    penyaluran Bulan     Mei.    
Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah mempersiapkan Lembaga penyalurnya, di Sumatera    Selatan sendiri terdapat 115 agen    LPG    3 Kg, 1.707 pangkalan    LPG    3 Kg Siaga, dan 21 agen Elpiji 12 Kg.    

Peningkatan konsumsi LPG biasanya terjadi didekat Hari Raya Idul Fitri. Karenanya kami sudah akan meningkatkan penyaluran LPG berbagai varian untuk Bulan Juni sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat,” imbuh Erwin.

Untuk kebutuhan   Avtur selama masa mudik, Pertamina  MOR II Sumbagsel juga telah menyiapkan proyeksi peningkatan  penyaluran di setiap provinsi   di Sumbagsel.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan yakni di   Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, prediksi konsumsi Avtur mencapai 175 KL selama periode H-7 hingga H+7 Lebaran.    

Kebutuhan Avtur   ini meningkat 25    KL atau 16% lebih banyak daripada prediksi konsumsi selama Bulan Juni.

Erwin berharap, seluruh inovasi pelayanan dan distribusi energi yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan    kenyamanan dan kemudahan serta memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.    

"Kami bangga bisa melakukan ini, semoga   dengan    terjaganya ketahanan energi, masyarakat bisa menjalankan ibadah Puasa dan merayakan lebaran dengan nyaman dan tenang. Tidak lupa    kami ucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin serta Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan,” tutupnya.[rik]



Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00