Ramadhan dan Idul Fitri Konsumsi BBM, LPG Dan Avtur Dipediksi Meningkat

Erwin Hiswanto: Pertamina Siap

Ekonomi  RABU, 16 MEI 2018 , 20:45:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Ramadhan dan Idul Fitri Konsumsi BBM, LPG Dan Avtur Dipediksi Meningkat

rmolsumsel

RMOLSumsel. Kekhusukan saat menjalankan ibadah dan aktivitas selama Bulan Ramadhan menjadi penting bagi umat muslim.

Kelancaran dan kenyamanan disaat melakukan perjalanan    mudik ke kampung halaman serta saat menyiapkan ketupat dihari    yang fitri untuk disantap bersama keluarga, selalu menjadi    cita-cita    dan kebiasaan setiap masyarakat Indonesia   setiap tahunnya.    

Maka dari itu  PT    Pertamina (Persero) bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi konsumen tercinta.

Tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,   PT   Pertamina (Persero) juga tidak berhenti untuk terus berkomitmen menjaga layanan   dan distribusi energi selama Bulan Suci Ramadhan dan Idul fitri bagi masyarakat Indonesia.

General  Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto kepada Kantor Berita RMOL Sumsel, Rabu (16/5) mengatakan, dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II    Sumatera Bagian Selatan sudah melakukan pemetaan dan prediksi kebutuhan energi    masyarakat.    

Berdasarkan  pengalaman dari   tahun-tahun sebelumnya dan analisa   tren konsumsi, menurutnya setiap tahun pasti selalu ada peningkatan konsumsi BBM, LPG, dan Avtur terutama  saat arus mudik dan balik dan saat Hari Raya  Idul Fitri.

"Prediksi peningkatan  sudah ada, kami juga sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk   memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, untuk memantau peningkatan dan kebutuhan energi selama puasa dan lebaran, kami juga akan menyiapkan Tim Satuan Penugasan (Satgas) sejak H-15 hingga H+15 lebaran demi kenyamanan masyarakat,”  ujar  Erwin.

Untuk konsumsi BBM jenis gasoline seperti Pertamax  Turbo, Pertamax, Pertalite, dan Premium diprediksi terjadi peningkatan  hingga 19% dari konsumsi normal.    

Diperkirakan,  peningkatan  konsumsi Pertamax Turbo akan mencapai 38%, Pertamax 35%, Pertalite 19%, dan Premium mencapai 15%.

Prediksi  kenaikan tertinggi konsumsi BBM jenis gasoline akan terjadi pada 9 Juni 2018 atau H-5 dengan angka kenaikan sebanyak 77% dari konsumsi normal.

Sedangkan untuk BBM Jenis gasoil  yakni BBM diesel seperti Pertamina Dex, Dexlite, dan Solar/Bio  Solar diprediksi mengalami penurunan hingga 11%   dari konsumsi normal, hal  ini diakibatkan oleh tidak beroperasinya kendaraan berat saat arus mudik  dan  balik sehingga konsumsi Solar/Bio Solar  turun 13%.    

Namun    demikian, tetap ada peningkatan   untuk BBM jenis Pertamina Dex    hingga 42% dan Dexlite sebanyak 12%.  Untuk BBM  jenis Gasoil, peningkatan   konsumsi akan terjadi   pada 31 Mei 2018   atau H-15 dengan angka kenaikan sebanyak 30% dari konsumsi normal.    

"Peningkatan konsumsi BBM non-subsidi ini merupakan wujud berubahnya pola konsumsi masyarakat  Sumbagsel. Masyarakat telah cerdas dan beralih memilih   BBM berkualitas untuk memaksimalkan  performa sekaligus efisiensi kinerja mesin kendaraan,” ungkap Erwin. [rik]

























Komentar Pembaca
Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00