LKPj Bupati Molornya Kebangetan, F-PAN: Gak Usah Dibahas Sekalian..

Politik  RABU, 16 MEI 2018 , 15:11:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

LKPj Bupati Molornya Kebangetan, F-PAN: Gak Usah Dibahas Sekalian..

Ketua Fraksi PAN, Mirza Gumay/ RMOLSumsel

RMOL. Terkait molornya Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati tahun 2017, Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) di DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyatakan tidak akan ikut melakukan pembahasan.

Loh kenapa? Alasannya, karena batas waktu 30 hari setelah LKPj diserahkan ke DPRD, sudah lewat. Bahkan dalam hitungan Ketua Fraksi PAN, Mirza Gumay, molornya sudah lebih dari 45 hari.

"Kalaupun DPRD melakukan pembahasan untuk LKPj itu, kami fraksi PAN tidak akan ikut dalam pembahasan. Karena tidak sesuai lagi dengan PP No. 3 tahun 2017 tentang Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah (LPPD)," jelas Mirza.

Lebih lanjut dijelaskan Mirza, bahwa sebetulnya LKPj Bupati OKU ini, adalah momentum bagi DPRD dalam rangka pengawasan kinerja pemerintah daerah.

Namun tentunya, ada mekanisme yang diatur ketika LKPj itu masuk ke DPRD. Dimana setelah LKPj masuk ke DPRD, ada rapat pimpinan. Kemudian dilanjutkan ke tingkat Badan Musyawarah (Banmus) untuk dijadwalkan.

Kemudian setelah dijadwalkan, LKPj itu dibahas secara internal oleh DPRD sesuai dengan Tatib DPRD yang ada.

Nah, hasil pembahasan DPRD itulah, yang menentukan keputusan. Keputusan itu, sebagai rekomendasi berupa catatan-catatan kepada Kepala Daerah atau Bupati.

Tetapi itu tadi, jika dalam 30 hari setelah LKPj itu diberikan ke DPRD tapi kemudian tidak dibahas, maka dianggap DPRD tidak ada rekomendasi. Hal ini sesuai dengan PP No. 3/ 2007 pasal 23 ayat 6.

"Nah sekarang sudah lebih dari 45 hari. Jadi batas 30 hari sudah lewat. Artinya DPRD tidak memberikan rekomendasi tanpa catatan. Kalaupun DPRD tetap akan melakukan pembahasan untuk LKPj itu, sekali lagi saya tegaskan, bahwa kami fraksi PAN tidak akan ikut dalam pembahasan. Dan mending sekalian tak usahlah dibahas lagi, karena tidak sesuai lagi dengan PP. Legalitasnya malah dipertanyakan," tandasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00