Polisi Memang Curigai Pria Bersarung dan Baju Koko

Kriminal  RABU, 16 MEI 2018 , 09:02:00 WIB

Polisi Memang Curigai Pria Bersarung dan Baju Koko
RMOLSumsel. Aparat Kepolisian di seluruh penjuru Tanah Air terus meningkatkan kewaspadaan, mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan setelah serangkaian serangan teroris belakangan ini.

Atas tindak kewaspadaan tersebut, pihak Kepolisian meminta masyarakat dapat memakluminya. Semua elemen masyarakat diminta untuk dapat kooperatif demi terciptanya situasi aman dan kondusif.

Hal itu dikemukakan Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, saat ia memberi penjelasan mengenai video viral tentang pemuda bersarung tengah diperiksa aparat.

Di video terlihat pemeriksaan oleh aparat Kepolisian terhadap seorang pria bersarung dan berpeci.  Video berduras 51 detik itu menampilkan pria yang mengenakan baju koko dan sarung cingkrang membawa kardus dan tas ransel.

Pria tersebut tampak marah-marah sambil membongkar kardus dan ransel bawaannya atas perintah polisi yang membawa senjata laras panjang.

Dikemukakan Setyo, tingginya kecurigaan Polri agar kasus bom di Surabaya tidak terulang kembali. Ia meminta masyarakat bekerjasama, terlebih situasi dan kondisi akhir-akhir ini masih mencekam.

"Masyarakat juga harus maklum. Kalau sampai dia dicurigai buka saja apa yang dia bawa," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (16/5).

Setyo sendiri mengaku tidak bisa menentukan ukuran kecurigaan baik dari atribut maupun fisik seseorang. Hal tersebut menurutnya bisa saja muncul dari intuisi pribadi personel di lapangan.

"Bisa saja bom dimasukkan ke badannya tanpa dia membawa apa apa tau tau meledak. Contoh di gereja tidak keliatan bawa apa apa tau-tau meledak," ujarnya.

Sebuah video viral di sosial media menampilkan aparat yang memeriksa seorang pria yang mengenakan baju koko dan sarung, saat diperiksa Pria tersebut tampak marah-marah sambil membongkar kardus dan ransel bawaannya atas perintah polisi yang membawa senjata laras panjang

Video tersebut berjudul Takut Bawa Bom, Santri ini Digeledah' diunggah oleh akun bernama Video Pesanan. [ida]

Komentar Pembaca
PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

RABU, 17 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00