Asian Games Sukses Bila Penuhi 3 Indikator Ini

Sosial  SELASA, 15 MEI 2018 , 21:09:00 WIB | LAPORAN: RAHMAD RAMLI

Asian Games Sukses Bila Penuhi 3 Indikator Ini

RMOLSumsel

RMOLSumsel. Ada tiga indikator yang harus dipenuhi agar Indonesia sukses sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Untuk memenuhinya semua harus berjalan dengan tepat waktu.

Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Pembina INASGOC mengatakan, tiga indikator tersebut adalah infrastruktur, penyelenggaraan dan prestasi. Terutama infrastruktur venue penyelesaian harus sesuai dengan schedule, yang sudah ditentukan. Diapun berharap Juni semua pembangunan akan selesai, terutama di Jakarta dan Palembang.

Dibandingan Asian Games 1962 dulu semua harus dimulai dari nol, sekarang kita harus menyesuaikan dengan teknologi dan sistem keamanan yang baik," ujar Wapres pada acara Global Forum Asian Games 2018, bertema "2018 Tahun Olahraga, Tahun Politik" dengan focus diskusi "Transportasi Asian Games On Time, On The Track" gelaran Harian Rakyat Merdeka ‚Ä" INASGOC di Ballroom Hotel Atlet Century Park Jakarta Pusat, Selasa (15/5).

Dikatakan Jusuf Kalla, saat Asian Games, Agustus mendatang diperkirakan akan ada 4 miliar orang yang menonton Asian Games 2018. Di sisi lain Asian Games juga diakuinya dapat memancing banyaknya investasi dan infrastruktur yang masuk ke Indonesia.

Mungkin tidak langsung dirasakan, tetapi nanti pasti banyak manfaatnya untuk Indonesia. Kami mengapresiasi semua pihak yang telah mengupayakan yang terbaik untuk Asian Games.‚ÄĚ tambahnya.

Selain venue, yang menjadi poin penting adalah transportasi dan penyelenggaraan. Dua hal itu diakuinya adalah sebuah sistem yang rumit, dan harus benar-benar diperhatikan sesuai standarnya. Kemudian selanjutnya adalah prestasi.

Menurut Jusuf Kalla, hanya ada dua hal yang membuat bendera Indonesia berkibar di luar negeri, yaitu saat kedatangan Presiden RI dan saat atlet memenangkan medali emas.

‚ÄĚPrestasilah yang mengangkat bendera merah putih, walaupun kita mempunyai venue dan sisi penyelenggaraan yang baik, tetapi tanpa prestasi itu bukan apa apa. Setara dengan kedatangan Presiden RI," jelasnya.

Sebagaimana diketahui atlet atlet Indonesia katanya telah dilatih keluar negeri dan mengikuti try out pertandingan guna memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Diapun berharap Indonesia bisa menunjukkan prestasi terbaiknya.

Terkait kemungkinan aksi teror berefek pada penyelenggaraan Asian Games 2018, Wapres Jusuf Kalla mengharapkan peran masyarakat untuk aktif menjaga keamanan dilingkungan bersama-sama.

"Karena orang asing itu sama seperti kita, kalau terjadi sesuatu di Pakistan langsung kita takut masuk Pakistan, padahal mungkin kejadiannya di ujung-ujung utara Pakistan, sama dengan ini Asian Games," ujarnya.

"Di Jakarta-Palembang, yang terjadi ya ada di Jakarta (Depok), yang terjadi kemarin ya di Surabaya, tapi kadang-kadang orang asing tidak tahu membedakannya itu, karena itulah maka kita bersama-sama mengatasi hal tersebut," lanjut Wapres. [rhd]

Komentar Pembaca
Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 21:00:00

Andi Arief Mencambuk Prabowo

Andi Arief Mencambuk Prabowo

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00