Enam Raperda Disahkan Menyentuh Kepentingan Masyarakat

Oleh: Edwinsyah

Politik  SELASA, 15 MEI 2018 , 18:39:00 WIB

Enam Raperda Disahkan Menyentuh Kepentingan Masyarakat

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Setelah melakukan pembahasan yang cukup panjang, akhirnya DPRD Muara Enim mengesahkan 6 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah. Pengesahan Raperda itu yang dihadiri Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, itu  berlangsung dalam rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD, Aries HB SE, Selasa (15/5).

Adapun ke 6 Raperda yang disahkan yakni Raperda tentang retrIbusi pelayanan tera dan tera ulang. Raperda tentang perubahan atas Perda nomor 3 tahun 2014 tentang perizinan tertentu. Raperda tentang izin usaha perkebunan.

Raperda tentang  penataan  dan pembinaan pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko swalayan. Raperda tentang pengelolaan air limbah domestik dan Raperda tentang pengelolaan barang milik daerah. Rapat paripurna itu dihadiri juga Sekda Muara Enim, Ir H Hasanudin MSI, para Kepala OPD.

Bupati Muara Enim mengatakan, demi kelancaran pembahasan Raperda tersebut,  dewan telah membentuk Panitia khusus. Terhadap berbagai masukan yang disampaikan dewan dalam melakukan pembahasan akan segera ditindak lanjuti.

Menurut Bupati, terhadap rekomendasi Pansus dewan terkait perubahan dan penambahan pasal pasal yang terdapat dalam Rancangan  Peraturan Daerahn tentang penataan dan pembinaan pasar rakyat, pusat  perbelanjaan dan toko swalayan, Raperda tentang izin usaha perkebunan  dan Raperda tentang retribusi tera/tera ulang, eksekutif sangat sependapat dan akan mengakomodir rekomendasi Pansus.

Kemudian, lanjut bupati, terhadap permintaan Pansus mengenai Raperda tentang pengelolaan air limbah  domestic agar eksekutif menyediakan  sarana dan prasarana  pendukung yang diperlukan  oleh masyarakat, eksekutif sangat sependapat.  Dan akan segera ditindak lanjuti dengan cara bertahap. [sri]










Komentar Pembaca
#PolitisiOnTheRoad: Menggugat Surya Paloh Karena Sayang
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00