"Terpeleset" ... Penceramah Paslon Bisa Kena Kurung Dan Denda

Politik  SELASA, 15 MEI 2018 , 15:33:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Kesepakatan bersama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Pihak Kepolisian, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan LO (Penghubung) masing-masing pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam, bahwa pada bulan Ramadhan paslon boleh melakukan safari ramadhan ke masjid-masjid sesuai dengan jadwal kampanye yang sudah ditetapkan.

Catatannya, dalam kegiatan safari ramadhan tersebut paslon boleh menghadirkan penceramah yang segala sesuatunya merupakan tanggung jawab paslon,asalkan penceramah itu nantinya tidak boleh mengkampanyekan, mengajak, menyampaikan program bahkan menyebut jargon paslon tersebut.

"Penceramah nantinya hanya boleh menyapa paslon tanpa menyelipkan kata-kata yang berbau kampanye seperti ajakan untuk memlih, menyampaikan visi dan misi serta program bahkan jargon paslon,"jelas Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi kepada RMOLSumsel, Selasa (15/5).

Akan tetapi,menyikapi hal ini Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan Junaidi mengingatkan agar penceramah harus berhati-hati dalam menyampaikan materi dakwah mereka nantinya

"Memang hal ini tidak dilarang kalau untuk urusan keagamaan,namun perlu diketahui juga aturan yang sudah ditetapkan oleh PKPU,"terang Junaidi disela kedatangannya ke Kota Pagaralam, Selasa (15/5).

Pasalnya, kata dia, di dalam PKPU tentang peraturan kampanye ada dua tempat yang dilarang untuk digunakan atau dipakai untuk kampanye yakni tempat ibadah dan lingkungan pendidikan,dan jika itu ditemukan maka bisa ditindak atau dikenai sanksi.

"Ancamannya bisa di kurung atau didenda,"tegas Junaidi yang juga merupakan mantan anggota KPU Pagaralam.

Makanya, kata dia, tidak ada ruang bagi penceramah, timses, serta paslon untuk kampanye disela-sela kegiatan safari ramadhan untuk berkampanye.

"Untuk itu Panwaslu Kabupaten/Kota harus intens mengawasi kegiatan politik paslon selama bulan ramadhan,"pungkasnya.[sri]





Komentar Pembaca
#PolitisiOnTheRoad: Menggugat Surya Paloh Karena Sayang
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00