Untuk Maksimalkan Polling SMS, Ralova Galang 'Koin for Rara'

Budaya  SABTU, 12 MEI 2018 , 21:14:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Untuk Maksimalkan Polling SMS, Ralova Galang 'Koin for Rara'

Dukung Rara/RMOLSumsel-dede

RMOL. Berkali-kali polling SMS untuk Tiara Ramadhani (Rara), Grand Finalis Liga Dangdut Indonesia (LIDA) Wakil Provinsi Sumatera Selatan asal Kota Prabumulih, kalah dari rivalnya Selfi Sulawesi Selatan.

Kondisi ini sangat disesalkan oleh pendukung Rara yang tergabung dalam Ralova. Mereka tak ingin sang idola di Grand Final LIDA Indosiar pada 13-14 Mei nanti. Karena itulah sejumlah Ralova bersama masyarakat turun ke jalan. Mereka melakukan penggalangan dana dengan tema "Koin for Rara".

Tak hanya Ralova di kampung halaman Rara, Kota Prabumulih. Para Ralova di luar daerah termasuk Muara Enim, Tanjung Enim, Semendo dan lainnya menggalang dana dengan turun ke jalan. Mereka membawa kardus bertuliskan "Peduli SMS untuk Rara LIDA 2018".  

Belum diketahui jumlah pasti uang yang berhasil dikumpulkan. Namun dari sejumlah foto yang tersebar di sosial media Facebook,  saat ini jumlah uang yang berhasil terkumpul mencapai puluhan juta rupiah.

Muftizar Zamwawi pencetus ide tersebut. Ia mengapresiasi pengorbanan para Ralova, yang bersedia melakukan penggalangan dana. Menurutnya, penggalangan dana di jalan lebih efektif ketimbang mengharapkan dukungan dari sejumlah perusahaan yang ada di Kota Prabumulih.

"Kalau mengharapkan kepedualian atau partisipasi pengusaha maupun perusahaan-perusahaan Pertamina, PDSI, Samtan Gas, GHEMMI, TEL dan laimmya belum tahu progressnya. Begitu juga dengan pengusaha individu yang cukup moncer dari Prabu juga belum kudengar gaungnya mendukung Rara," ujar Mufti, Sabtu (12/5).

Dikatakan Mufti, tindakkan tersebut haruslah dilakukan agar dapat bersaingan dengan masyarakat Sulawesi Selatan,  yang sangat kompak sehingga membuat polling SMS Selfi terus bertengger di posisi teratas.

"Mau ga mau harus politis dengan people power. Caranya diadakan KOIN for RARA. Malu? Tergantung sudut pandangnya dulu, bukankah ketika finalis beriklan diri juga sama halnya esensi meminta," ungkapnya.

Awalnya, terang Mufti, ide tersebut tidak direspon oleh Ralova. Entah bagaimana, setelah berpikir matang-matang akhirnya sejumlah pendukung di beberapa Kabupaten/Kota mau turun ke jalan.

"Kita harus memahami psikologis tipe-tipe dermawan. ada yang ngerasa Rp 2200 cukup besar buat mereka, yang cuma bisa ngisi pulsa gocengan atau 5 rebuan, dengan koin for rara tersebut asal jemput bola di jalan atau pasar mereka gak akan keberatan nyemplungin 1000 atau 500 perak ke dalam kotak, mumpung masih ada waktu," terangnya.

Mufti juga berharap Kodam 2 Sriwijaya, Yonkav, Zipur dan Polres Prabumulih ikut berpartisipasi untuk mendukung Rara menjadi juara. "Bayangkan berapa banyak anggota tersebut," tambahnya. [ida]



Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00