DJP Sumsel Babel Edukasi Pelajar SMA Negeri Sumsel

Ekonomi  RABU, 09 MEI 2018 , 13:57:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

DJP Sumsel Babel Edukasi Pelajar SMA Negeri Sumsel

rmolsumsel

RMOLSumsel. Untuk meningkatkan peran seluruh masyarakat terhadap pajak, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorar Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan (Sumsel) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus aktif melakukan sosialisasi dan edukasi peningkatan kesadaran pajak.

Kali ini, Kanwil DJP Sumsel, menyasar SMA Negeri Sumsel, untuk meningkatkan kesadaran perpajakan sejak dini. Plh. Kepala Kanwil DJP Sumsel Babel Richard Burton menyampaikan, SMA Sumsel menjadi salah satu sekolah yang cukup merespon program Kanwil DJP Sumsel Babel.

"Kami mengapresiasi atas dukungan dan kerjasama SMA Negeri Sumsel dalam upaya peningkatan kesadaran pajak yang sangat penting untuk membentuk kepatuhan pajak masa depan kalangan muda, khususnya siswa/siswi SMA Negeri Sumatera Selatan yang nantinya akan memasuki dunia kerja sekaligus menjadi wajib pajak," jelasnya.

Richard menyampaikan, sudah seharusnya pemdidikan perpajakan sudah mulai diterapkan. Karena, sebagai generasi penerus bangsa, pemahaman pajak sebagai sumber pendapatan negara dan sumber pembangunan negara harus ditanamkan sejak dini.

"Pelajar adalah generasi masa depan, calon pemimpin bangsa yang akan menentukan kemana arah negara Indonesia kedepan. Karna itu sangat penting sejak dini sudah sadar akan manfaat pajak untuk pembangunan bangsa dan negara," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri Sumatera Selatan Ridwan Aziz mengatakan, Denmark memiliki tingkat kebahagian warga yang tinggi. Karena, disama semua fasilitas baik pendidikan, kesehatan dan infrastrukturnya dijamin oleh negara yang dibiayai dari pajak yang cukup tinggi disana.

"Tingkat kesadaran masyarakatnya akan pentingnya pajak sudah sangat tinggi. Indonesia sendiri dalam ramalan tahun 2030 tergantung dari kita, negara kita akan kuat bila kita semua sadar akan pentingnya pajak dalam kehidupan kita," ungkapnya.

Sementara itu hadir sebagai narasumber Dody Doharman Penelaah Keberatan Kanwil DJP Sumsel Babel dan M.Renaldi Pelaksana Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen yang juga alumni SMA Negeri Sumatera Selatan memulai menjelaskan tentang pentingnya pajak dalam pembangunan nasional.

"Pajak adalah tulang punggung pembangunan negara, karena belanja pemerintah 85% nya dibiayai dari perpajakan," jelas Dody

Dody juga menjelaskan negara dapat diibaratkan sebagai rumah tangga dimana ada biaya belanja bulanan, sekolah anak-anak, biaya berobat dan bahkan perbaikan rumah, biaya tersebut ditutupi dari penghasilan kepala rumah tangga. Begitupun negara yang membutuhkan biaya besar untuk pembangunan infrastruktur, memberikan sarana kesehatan, pendidikan, pertahanan keamanan yang sumber pendapatannya dari perpajakan, menjual sumber daya alam dan utang.

"Negara tidak dapat mengandalkan sumber daya alam, yang akan habis dalam beberapa puluh tahun kedepan sementara bila menambah utang juga akan menambah beban negara dengan harus membayar pokok utang dan bunganya," ulasnya.

Pajak adalah satu-satunya penerimaan negara yang tidak dapat habis, dengan bersama sama membayar pajak secara benar negara akan lebih mandiri.

Kegiatan yang dihadiri oleh 200 siswa/siswi dari kelas 10 dan 11 serta 15 guru SMA Negeri Sumatera Selatan berlangsung meriah, materi yang diberikan oleh narasumber diselingi dengan games-games seru dan menyenangkan. Pada bagian akhir kegiatan dipilih 4 orang siswa/siswi untuk menjelaskan kembali hasil dari apa yang dipaparkan oleh narasumber untuk menilai seberapa besar pemahaman para siswa tentang kesadaran perpajakan. [sri]


Komentar Pembaca
Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

KAMIS, 19 JULI 2018 , 13:00:00

SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

RABU, 18 JULI 2018 , 19:00:00

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

RABU, 18 JULI 2018 , 15:00:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00