SMA/SMK Diambilalih Provinsi, Banyak Sekali Kemerosotannya

Sosial  SELASA, 08 MEI 2018 , 22:41:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

SMA/SMK Diambilalih Provinsi, Banyak Sekali Kemerosotannya

RMOLSumsel

RMOL. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) H Achmad Tarmizi menyoroti keberadaan wewenang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kewenangannya beralih ke Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Saat bertemu dengan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Siska Marleni, Sekda mengharapkan agar diperjuangkan kewenangan SMA dan SMK kembali ke pihak kabupaten lagi.

"Pasca dipindahkan, hubungan dengan pemda tidak ada sama sekali. Banyak sekali kemerosotan pengelolaan insfrastruktur sekolah. Parahnya saat mengusulkan ke provinsi jangkauannya sangat jauh," katanya.

Ia juga menceritakan, salah satu ruangan sekolah ruangan roboh. Proses penyerahan ke provinsi saja sangat sulit butuh waktu setahun.

"Banyak keluhan guru yang merasa kesulitan mengurus kenaikan pangkat. Koordinasinya sulit. Tauran antar pelajar, razia. Siapa yang menangani," ucap Tarmizi seraya berharap kalaupun tidak bisa dicabut, ia berharap ada UPTD di OKU.

Menyikapi hal itu Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Siska Marleni, ia apa yang disampaikan akan menjadi catatan bagi dirinya. Memang secara giografis SMA dan SMK yang ada di Kabupaten/ Kota jaraknya jauh. Terutama hal ini berkaitan dengan operasional.

"Tadi disampaikan Sekda OKU dengan kondisi ini ada keluhan, salah satunya mengenai kordinasi Diknas juga. Hal ini dikarenakan belum ada perwakilan seperti UPTD. Hal seperti ini akan kita upayakan. Dengan harapan kedepan ada UPTD untuk menangani SMA dan SMK yang ada di kabupaten dan kota," jelasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00