Menghilang Begitu Saja, Sheikha Latifa Gelisahkan Pembela HAM

On The Spot  MINGGU, 06 MEI 2018 , 15:52:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Menghilang Begitu Saja, Sheikha Latifa Gelisahkan Pembela HAM

sheikha latifa/net

RMOL. Keluarga Kerajaan Dubai tengah menjadi sorotan para pembela hak asasi manusia (HAM) dari seluruh dunia. Pasalnya Putri Raja Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, Sheikha Latifa, hingga kini belum diketahui keberadaan maupun keadaannya.

Para pembela HAM ingin mengetahui kabar terakhir mengenai Sheikha Latifa. Sebab setelah gagal melarikan diri dan dipaksa kembali ke Dubai bulan lalu, kabar tentang dia tak terdengar lagi.

Diberitakan bahwa pada Maret lalu, Latifa berusaha melarikan diri. Tujuannya adalah tinggal di luar negeri agar ia bisa menikmati kebebasan sebagaimana layaknya perempuan biasa.

Sebelum melarikan diri itu, ia sempat mengirimkan rekaman videonya. Merinding juga menonton video itu, sebab Latifa terlihat sudah benar-benar nekat membuat pilihan hidup atau mati.

"Saya membuat video ini, karena mungkin ini adalah video terakhir yang saya buat...Jika Anda menonton video ini, saya mungkin meninggal atau dalam berada dalam kondisi yang sangat, sangat, sangat buruk," katanya tanpa mengelaborasi.

Sejumlah saksi mata mengungkap bahwa Latifa menumpang sebuah kapal yacht mewah. Namun, dia dicegat pada 4 Maret lalu di perairan India dan dikembalikan ke Dubai. Sejak saat itu dia tidak pernah terlihat lagi.

Investigasi BBC Newsnight mengklaim bahwa ketika kabur Latifa menerima bantuan seorang mantan mata-mata Prancis dan instruktur bela diri asal Finlandia. Aparat Dubai di Uni Emirat Arab mengatakan tidak bisa berkomentar atas alasan hukum.

Adapun soal pihak yang menyebut bahwa Latifa hilang, aparat Dubai mengatakan mereka punya catatan kriminal.

Pada Sabtu (05/05), lembaga Human Rights Watch mendesak aparat Dubai untuk "menyingkap" keberadaan Sheikha Latifa dan "mengklarifikasi status hukumnya".

"Kegagalan untuk mengungkap keberadaan dan status sang putri bisa dikategorikan sebagai penghilangan paksa," kata HRW seperti dikutip Kantor Berita BBC, Minggu (6/5).

"Sheikha Latifa, yang telah mengatakan kepada teman-temannya bahwa dia ingin kabur dari pengekangan yang diterapkan keluarganya, tidak pernah terlihat atau terdengar selama dua bulan sehingga menimbulkan kerisauan atas keselamatan dan kondisinya," tambah HRW. [ida]

Komentar Pembaca
#PolitisiOnTheRoad: Menggugat Surya Paloh Karena Sayang
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00