Pergaulan Bebas Jadi Pemicu Pernikahan Dini di Muara Enim

Investigasi  RABU, 02 MEI 2018 , 09:32:00 WIB

Pergaulan Bebas Jadi Pemicu Pernikahan Dini di Muara Enim

Ilustrasi/net

RMOL.  Hamil di luar nikah menjadi salah satu pemicu terjadinya pernikahan dini. Tercatat setiap tahunnya Pengadilan Agama (PA) Muara Enim Kelas IB menerima permohonan dispensasi pernikahan yang melibatkan anak-anak, meski jumlahnya tak lebih dari 10 pemohon.

Humas Pengadilan Agama Muara Enim Kelas IB Badrudin menerangkan, dari tahun ke tahun permohonan dispensasi pernikahan dini selalu ada.

Karena jika tidak ada dispensasi perkawinan dari PA, maka penghulu tidak akan menikahkan calon pasangan yang usianya masih di bawah umur,” jelasnya, Rabu (2/5).

Anak-anak bisa terdorong menikah karena beberapa faktor, salah satunya yakni remaja perempuannya sudah hamil di luar pernikahan.

Jadi mau tidak mau keluarganya harus menikahkan,” kata Badrudin.

Selain itu, ada orangtua yang merasa khawatir melihat anaknya sudah terlalu lama berpacaran, sehingga tak ingin terjadi terjadi sesuatu pada sang anak.

Kadang juga ada desakan warga yang risih melihat pasangan yang berduaan tanpa ikatan pernikahan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim Helman mengatakan, sebagai upaya preventif pernikahan di bawah umur, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi, baik itu kepada anak-anak sekolah maupun masyarakat. Orangtua harus mendidik dan mengontrol pergaulan anak-anak mereka.

Kami terus lakukan sosialisasi melibatkan pemerintah desa maupun guru. Mendorong pihak-pihak ini mengaplikasikan lingkungan yang ramah anak. Juga memberikan sosialisasi kepada pelajar tentang bahaya pergaulan bebas,” ulasnya. [edwinsah/ida]
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00