Banyak yang Buang Air Seni di Tiang, Ampera Butuh Perbaikan Rp20 Milyar

Politik  KAMIS, 26 APRIL 2018 , 10:39:00 WIB

Banyak yang Buang Air  Seni di Tiang,  Ampera Butuh Perbaikan Rp20 Milyar

NET

RMOL. Sebagai salah satu ikon kota Palembang, Jembatan Ampera akan dipercantik. Renovasi Jembatan yang dibangun pada tahun 1960 itu dilakukan dalam rangka menyambut pelaksanaan Asian Games 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BBPJN) V Suwarno mengatakan, untuk memperindah Jembatan Ampera, pihak terkait telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 milyar.

Renovasi meliputi perbaikan tiang penyanggah yang mulai berkarat, fasilitas pejalan kaki, hingga pengecatan ulang jembatan, yang menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Ilir Palembang.

"Perbaikan Jembatan Ampera meliputi semua aspek. Karena kondisi jembatan Ampera saat ini sudah sangat memprihatinkan," kata Suwarno.

Untuk melakukan perbaikan, Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) belum lama ini telah melaksanakan kunjungan langsung, meninjau kondisi jembatan.

"Dan berdasarkan estimasinya, anggaran yang diperlukan untuk pemugaran jembatan mencapai Rp20 milar," ungkap Suwarno, Kamis (26/4).

Menurut Suwarno, berkaratnya tiang penyangga Ampera ini disebabkan seringnya oknum masyarakat yang membuang air seni sembarangan, khususnya pada malam hari.

Saat tengah buang air kecil, mereka membuangnya tepat di tiang penyanggah yang terbuat dari baja. Maka dari itu, pihaknya juga akan melakukan renovasi, terlebih jelang pelaksanaan Asian Games 2018.

"Rencananya awal Mei 2018 kita akan lakukan renovasi," terangnya.

Tak hanya dari pemerintah, melihat kondisi jembatan Ampera saat ini, banyak bermunculan komunitas "Sayang Ampera" yang dengan swadaya membersihkan jembatan serta menghapus bekas coretan.

"Kita sangat bersyukur dengan masyarakat yang peduli Ampera. Nantinya juga akan kita bangun pedestrian di atas Ampera, supaya dapat menjadi destinasi wisata," jelas Suwarno.[yip]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00