Pil Pahit Buat Marquez, Apapun Dalihnya Ia Tetap Dipenalti

Olahraga  MINGGU, 22 APRIL 2018 , 10:16:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Pil Pahit Buat Marquez, Apapun Dalihnya Ia Tetap Dipenalti
RMOL. Apapun niat dan alasan yang mendasari tindakannya, Marc Marquez tidak bisa menghindar dari hukuman. Sebab yang terjadi di lintasan balap, ia jelas-jelas mengganggu laju pembalap lainnya.

Karena kesalahannya itu, Marquez yang sedianya start paling depan di MotoGP Amerika 2018 harus menelan pil pahit. Ia mesti menerima penalti berupa startnya turun tiga posisi.

Itulah kenyataan yang mesti diterima salah satu pembalap terhebat saat ini. Padahal dalam kualifikasi kedua (Q2) yang merupakan kualifikasi utama di Circuit Of The Americas, Austin, Texas, Minggu (22/4) dini hari WIB, ia mencatatkan waktu paling tajam dua menit 3,658 detik.

Namun penalti itu mengubah segalanya. Si Bayi Alien dianggap menggangu laju rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Insiden Marquez - Vinales terjadi usai Marquez terjatuh dan kemudian mengganti motornya.

Marquez melambat dan tampak mengusik laju Vinales yang kebetulan sedang dalam waktu terbaiknya. Usai Q2, Marquez mengaku tidak tahu Vinales di belakangnya.

"Saya menunggu (Andrea) Iannone, karena saya berharap banyak mendapat slipstream dari Iannone. Dia pembalap paling cepat kemarin," tutur Marquez dalam jumpa pers seperti diberitakan JPNN, Sabtu (24/4).

"Saya melihat dia dan saya tidak menunggu atau mengharapkan Maverick (Vinales). Saat mendengar suara mesin di belakang, saya pindah. Namun sepertinya itu menggangu putaran dia," imbuh Marquez.

Race direction menilai Marquez melanggar pasal 1.21.2 dari FIM World Championship Grand Prix Regulation. "Pada Turn 15 ditemukan pembalap dengan cara yang tidak bertanggung jawab melambat di racing line dan mengganggu pembalap lain. Untuk alasan itu, dianggap terjadi pelanggaran serius. MotoGP Stewards Panel memutuskan Anda (Marquez) kena penalti grid turun tiga posisi," bunyi hukuman buat Marquez.

Marquez Si Penguasa Austin (lima pole dan lima juara) itu tak bisa berkata lain. "Oke, saya kehilangan empat meter di grid. Saya masih mendapat waktu lap tercepat dan penghargaan pole," ujar Marquez.

Sementara Vinales menilai Marquez terlalu memikirkan diri sendiri. "Dia hanya fokus pada dirinya sendiri. Saat itu saya mencoba meningkatkan ritme dan gaya membalap," singkat Vinales.

Dengan penalti Marquez, Johann Zarco yang di Q2 menempati posisi keempat, naik satu tempat bergabung bersama Iannone (P2) dan Vinales (P1). Sementara Marquez harus start di posisi keempat, di samping Valentino Rossi yang berada di posisi kelima. [ida]

Komentar Pembaca
#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

RABU, 17 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00