PD Pasar Mulai Bahas Kontribusi PAD Plaza Aldiron Cinde

PEMKOT PALEMBANG  KAMIS, 19 APRIL 2018 , 19:52:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

PD Pasar Mulai Bahas Kontribusi PAD Plaza Aldiron Cinde

Foto/RMOLSUMSEL

RMOL. Meski tidak dapat dipastikan selesai pada perhelatan Asian Games, Pasar Cinde Palembang yang masuk dalam salah satu cagar budaya tersebut, terus dibahas.

Tidak hanya persoalan pedagang lama, tetapi saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Perusahaam Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya, juga membahas terkait kontribusi pasar yang akan berubah menjadi Plaza Aldiron Cinde, terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan diberikan.

Bertempat di ruang rapat II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, rapat koordinasi tentang kontribusi BOT Pasar Cinde untuk Pemkot Palembang hari ini, Kamis (19/4/18), dilakukan, untuk meminta kepastian terhadap pengelola.

"Meski ini dikelola pihak ketiga, tapi tetap dibawah pengelolaan PD Pasar Palembang Jaya. Jadi kita minta agar kompensasi yang didapat PD Pasar Palembang Jaya untuk meningkatkan PAD harus tepat," sampai Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu usai menggelar rapat.

Lebih lanjut disampaikannya,  dengan diserahkannya pengelolaan ini kepada pihak ketiga, maka struktur kepengurusan pasar dan kepala pasar dibubarkan. Namun tetap tidak menghilangkan organisasi PD Pasar sebagai pengelola dan pengawas. Karena, hal itu terkait dengan PAD.

"Harapan kita pembaharuan pasar ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,  meningkatkan PAD juga  Jangan justru sasaran pembangunan pasar ini hanya untuk pedagang pasar modern saja," pintanya.

Dalam kesempatan itu, Asnawi juga menekankan terhadap pengelola untuk mengutamakan pedagang lama. Dimana, ada 835 pedagang lama baik yang basah maupun kering, tidak boleh disingkirkan.

"Kita akan lihat dimana los pedagang pasar tradisional. Kita minta itu diprioritaskan," imbuhnya.

Asnawi menerangkan, revitalisasi Pasar Tradisional Cinde ini, merupakan upaya pembenahan terhadap pasar yang berada dipusat kota tersebut.

Dimana, pasar akan berubah menjadi pasar modern yang dilengkapi dengan apartement dan pusat perbelanjaan. Pasar Modern Aldiron Plaza Cinde juga dilengkapi dengan lifestyle mall, trade center hingga fasilitas water park.

Disana juga, nantinya akan dijadikan sebagai lokasi pusat perdagangan songket dan batik khas Palembang. Kemudian akan disediakan galeri mini yang menampilkan sejarah Pasar Cinde. Ditambah lagi Pasar Cinde akan terkoneksi langsung dengan Light Rail Transit (LRT).[rik]

Komentar Pembaca
Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

SABTU, 18 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno
Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

JUM'AT, 06 JULI 2018 , 18:37:00