Jembatan Musi VI Terkendala Pembebasan Lahan

Sosial  SELASA, 17 APRIL 2018 , 19:09:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Jembatan Musi VI Terkendala Pembebasan Lahan

RMOLSumsel

RMOL. Pembangunan Jembatan Musi VI di Palembang masih menemui kendala pembebasan lahan. Setidaknya ada 45 rumah yang belum dibebaskan lahannya oleh pemerintah provinsi Sumsel.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi VI Joko Saputra mengungkapkan, hingga saat ini memang masih terdapat lahan yang belum dibebaskan. Untuk itu, pihaknya kini tengah mengerjakan apa yang bisa dikerjakan terlebih dahulu, seperti pembersihan lantai bentang tengah jembatan.

Memang lahannya sampai sekarang belum bebas. Makanya kami sekarang ini mengerjakan yang bisa dikerjakan saja, seperti pembersihan lantai, pengencangan baut dan lainnya,” kata Joko, Selasa (17/4).

Menurut dia, untuk lahan yang belum bebas kurang lebih ada 30 rumah dan lahan di Seberang Ilir dan sekitar 15 rumah dan lahan di bagian Seberang Ulu atau persisnya sekitar 300 meter di Seberang Ilir dan 200 meter di Seberang Ulu.

Secara kontrak pembangunan Jembatan Musi VI ini selesai sampai akhir Desember 2018 mendatang. Jadi kalau sampai batas waktu tersebut pembangunanya belum selesai maka dibuat kontrak baru lagi,” cetus dia.

Diinformasikan Joko, untuk sisa pengerjaan fisik sendiri saat ini tinggal 39 persen tersebut dan normal pengerjaanya membutuhkan waktu selama empat hingga lima bulan. Sedangkan pelaksanaan Asian Games di Kota Palembang tahun ini pun tinggal empat bulan lagi tepatnya pada Agustus 2018 mendatang.

"Progres pembangunan Jembatan Musi VI sampai saat ini sudah 61,578 persen dan itu defisiasi tambah 0,17 persen dari rencana semula yang ditarget 61,41 persen,” tambah Joko.

Dia juga menambahkan, untuk pengerjaan yang belum bisa dikerjakan itu pier atau tiang yang menyambungkan ke jalan utama, seperti pier I, 2, 3 yang berada di bagian Seberang Ilir dan pier 11 yang terletak di bagian Seberang Ulu, serta abodmen satu dan dua.

Secara fisik Jembatan Musi VI ini tidak ada masalah. Melainkan itu tadi jika pembebasaan lahan sudah selesai, para pekerja siap kerja kapanpun,” pungkas dia. [rhd]

Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00