Soal Kasus Century, Ini Penjelasan Roy Suryo

Kriminal  SELASA, 17 APRIL 2018 , 18:23:00 WIB

Soal Kasus Century, Ini Penjelasan Roy Suryo
RMOL. Politisi Demokrat, Roy Suryo menilai kebijakan dari atas hingga ke level Gubernur BI, dianggap sudah tepat dan sesuai prosedur dalam kasus skandal Century Gate.

Artinya, jika kemudian terjadi penyimpangan dalam kasus yang melibatkan mantan Gubernur BI Boediono tersebut, kata Roy, berarti ada bagian yang salah dari rangkaian itu.

"Kayak kebijakan infrastruktur saja, kalau ada jembatan yang roboh kan bukan kebijakannya yang disalahkan, sama dalam Century juga seperti itu," kata Roy di komplek Parlemen, Selasa, (17/4).

Roy memaparkan, jika dilihat dari skema tersebut, pertanggung jawaban Boediono hanya dalam memberi kesaksian dan membeberkan secara detail terkait kebijakannya.

Politisi yang pernah menjabat Menpora itu menduga, ada oknum atau anak buah Boediono yang salah dalam menjalankan kebijakan tersebut. Sehingga terjadi penyimpangan.

Seperti diketahui, dugaan keterlibatan Boediono dalam skandal Century Gate semakin menguat pasca PN Jaksel mengeluarkan Putusan Pra Peradilan.
Bahkan penetapan Boediono sebagai tersangka, juga berpotensi menyeret nama SBY selaku presiden kala itu. Bagaimana tanggapan Roy terkait hal tersebut?

"Saya tahu betul Pak Boediono, Pak SBY. Mereka tidak menerima sepeserpun aliran dana Century," tegas Roy.

Namun jika dimintai kesaksian dan pertanggung jawaban, Roy yakin Boediono akan siap kapan pun. Anggota Komisi I DPR ini menyatakan Boediono sebagai komandan di institusi yang bernama BI tetap bertanggung meskipun anak buahnya yang salah.

"Pak Boediono siap bertanggung jawab. Karena ini suatu keputusan collective collegial tidak ada istilah anak buah yang salah, tetapi komandannya yang salah dan harus bertanggung jawab,"katanya. [ida]

Komentar Pembaca
Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

SENIN, 16 JULI 2018 , 15:00:00

Solusi RR Soal Dana Parpol Bernas!

Solusi RR Soal Dana Parpol Bernas!

SENIN, 16 JULI 2018 , 13:00:00

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 17:00:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00