Dibagi 2 Kategori, Tarif LRT Diprediksi Hanya Segini...

Ekonomi  SELASA, 17 APRIL 2018 , 16:16:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Dibagi 2 Kategori, Tarif LRT Diprediksi Hanya Segini...

LRT Palembang/net

RMOL. Moda transportasi Light Rail Transit yang dibangun di Palembang segera beroperasi. Dua trainset LRT pun telah tiba di Palembang dan segera dilaunching 20 April ini.

Tarif LRT tengah dalam pembahasan. Rencananya tarif LRT akan dibagi dua kategori,  Kereta Commuter dan Kereta Bandara. Perkiraan tarif Kereta Bandara Rp 10- Rp20 ribu, sedangkan tarif Kereta Commuter berkisar Rp 5 ribu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Zulfikri menjelaskan, pembahasan tarif masih terus berlangsung di tingkatan Kementerian Perhubungan. Namun sejauh ini sudah ada sinyalemen untuk membagi kategori tarif LRT.


 Nantinya LRT di Sumsel bukan hanya difungsikan sebagai angkutan kota  atau commuter, tapi juga transportasi bandara. Karena itu harus ada penerapan dua kategori tarif,” ujar Zulfikri, Selasa (17/4).

Dia menjelaskan, jalur yang masuk kategori Kereta Commuter mulai dari Zona 2 hingga ke Zona 5. Sementara untuk Zona  1, mulai dari Stasiun Asrama Haji hingga Stasiun Bandara akan dikenakan tarif Kereta Bandara.

Tarif ini masih terus dikaji dan dibahas dengan seksama. Sehingga, tidak memberatkan masyarakat dan merugikan badan pengelola,” katanya.

Terkait pengelolaan LRT Sumsel, Zulfikri menerangkanbahwa hal tersebut masih dibahas antara pemerintah daerah (Pemda) dan pemerintah pusat.  Sebab aset yang ada tidak hanya dimiliki pemerintah pusat tapi juga ada milik pemda.

Masih dibahas juga. Belum ada ketetapannya. Tapi untuk operator sudah diserahkan ke PT KAI,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah meninjau kedatangan dua unit trainset yang terdiri dari enam gerbong di Pelabuhan Boom Baru. Rencananya, kereta akan dilakukan penyetingan selama 14 hari untuk selanjutnya dilakukan conditioning serta uji coba di jalur LRT Sumsel.

 Targetnya Juli nanti sudah bisa diselesaikan dan dapat beroperasi saat Asian Games,” bebernya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel Suranto menjelaskan,  pihaknya tengah mempersiapkan proses conditioning di Depo Jakabaring.  Saat ini, di kawasan Depo tengah dibangun underfloor yang terdiri dari 9 trek sebagai tempat ‘parkir’ kereta,  yang bakal diperbaiki.

 Itu (underfloor) tempat servisnya. Nanti kan begitu beroperasi ada perawatan harian, bulanan, 3 bulan, 6 bulan, dan tahunan. Tempat itu yang akan dijadikan bengkelnya,” ucapnya.

Suranto menerangkan setelah acara peresmian 20 April nanti, pihaknya akan langsung melakukan pengangkutan kereta menggunakan enam unit mobil trailer. Bobot gerbong yang mencapai 30 ton tentunya bakal memakan waktu yang cukup lama untuk proses pemindahannya. Alasan keamanan juga membuat pihaknya tidak menggunakan jalur dalam kota.

Kami tidak akan lewat Ampera. Tapi melalui Musi 2. Pengangkutan kemungkinan akan dberlangsung saat malam hari hingga pagi,” katanya. [ida]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00