Hafiz 30 Juz Al Quran, Peserta Seleksi Calon Anggota Polri Dipastikan Lolos

Ragam  SELASA, 17 APRIL 2018 , 14:24:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Hafiz 30 Juz Al Quran, Peserta Seleksi Calon Anggota Polri Dipastikan Lolos

ilustrasi/net

RMOL. Kabar gembira bagi anak-anak dan remaja yang giat menghafal Al Quran. Dengan bisa hafal 30 Juz Al Quran, mereka bisa lolos seleksi penerimaan calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Ya! Mulai tahun ini, beberapa kepolisian daerah (polda) menetapkan syarat baru dalam seleksi. Salah satunya adalah akses khusus bagi pendaftar yang hafal Al Quran (hafiz).

Polda Jawa Timur menjamin peserta yang bisa menghafal Al Quran hingga 30 juz akan langsung lolos seleksi penerimaan anggota Polri.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera, menjelaskan polisi-polisi penghafal Alquran akan ditugasi untuk membentuk mental kepribadian masyarakat melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.

"Kita harapkan anggota-anggota yang memiliki kemampuan, terutama dalam bidang agama, yang memiliki kemampuan Al Quran 30 juz, 20 juz, maupun 10 juz itu bisa masuk kepada sentra-sentra yang diharapkan mampu melayani masyarakat," ujar Frans seperti dikutip dari Kantor Berita BBC Indonesia, Selasa (17/4).
"Ini kita harapkan mereka jadi dai-dai yang masuk ke pesantren maupun ke masjid dalam rangka menyampaikan tugas-tugas kepolisian di bidang kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," imbuhnya.

Persyaratan serupa juga dilakukan oleh Polda Jawa Barat dan Jawa Tengah dalam proses rekrutmen anggota barunya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, mengatakan meski memiliki keterbatasan namun santri pondok pesantren -terutama hafiz (penghafal) Alquran- mendapat prioritas dalam perekrutan anggota Polri.

Nantinya, mereka akan mendapat pembekalan dan pelatihan agar memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Di sisi lain, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Marioto, menegaskan selain syarat hafiz Quran, persyaratan formal lainnya tetap harus dipenuh, seperti aturan tinggi badan minimal 165 centimeter untuk laki-laki, tes kesehatan, berenang, dan lainnya.

Pun, Irjen Pol Agung menambahkan syarat hafiz Al Quran bagi pendaftar polisi hanya bagi kalangan santri lulusan pondok pesantren. [ida]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00