Proses Hukum Lamban, Pelapor Perzinahan Oknum Anggota DPRD Minta Dewan Bentuk Pansus

Hukum  SELASA, 17 APRIL 2018 , 08:15:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Proses Hukum Lamban, Pelapor Perzinahan Oknum Anggota DPRD Minta Dewan Bentuk Pansus

Foto/RMOLSUMSEL

RMOL. Dasri Warga Perumahan Arda Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih bersama puluhan lembaga swadaya masyarakat (LSM) kembali datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih.

Kedatangannya tersebut untuk mendesak DPRD membentuk panitia khusus atau pansus guna menyelidiki kasus dugaan perzinahan oknum anggota berinisial HR dengan Istrinya EV.

Guntur salah satu Perwakilan LSM menyampaikan pembentukkan pansus DPRD tersebut merupakan pilihan lain lantaran kasus dugaan perselingkuhan yang dilaporkan ke Polda Sumsel saat ini belum juga selesai.

"kami minta legislatif pro aktif, kami pengen tahu sudah sejauh mana dari DPRD menyikapi kasus ini," ujar Guntur, Senin (16/4).

Sementara, Ketua DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo menerangkan setelah mendapat salinan laporan polisi, oknum DPRD inisial HR  langsung di nonaktifkan dari keanggotaan Badan Kehormatan (BK).

"ini dilakukan untuk menjaga netralitas. Kalau dia masih berada di dalam tidak objektif jadinya," terangnya.

Mengenai desakkan pelapor terkait pembentukkan pansus DPRD, Palo mengungkapkan hal itu tidak bisa dilaksanakan. Mengingat, pembentukkan pansus itu haruslah berdasarkan usulan 2 fraksi dan 7 anggota dewan diluar fraksi.

"jadi alasan kenapa belum terbentuk pansus, karena tidak seluruh permasalahan di DPRD bisa dibuat Pansus," ungkapnya.

DPRD juga tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut mengingat kewenangan tersebut adalah milik aparat kepolisian.

"pemberhentian anggota DPRD itu ada tiga hal. Pertama, meninggal dunia, bermasalah OTT (operasi tangkap tangan) dan ketiga kalau diberhentikan partai," jelasnya.

Namun, Palo menegaskan jika DPRD Prabumulih akan bersikap netral dan menjunjung tinggi keadilan meskipun terlapor merupakan anggota dewan.

"yakinlah bahwa kami DPRD tidak akan berat sebelah. Kalau salah kami nyatakan salah, kalau hal ini diberhentikan maka akan kami berhentikan," tambahnya.[rik]

Komentar Pembaca
Ampera Terbakar

Ampera Terbakar

KAMIS, 20 DESEMBER 2018 , 16:14:00

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 16:14:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

Budaya14 Januari 2019 09:31

Debat Capres Mampu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Politik15 Januari 2019 18:12

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Kriminal16 Januari 2019 19:18

Pasca Juara,  Pesanan Gerga Pagaralam Meningkat