Sangat Disayangkan, Pot Bunga Jembatan Ampera Jadi Tempat Sampah

Politik  SENIN, 16 APRIL 2018 , 20:14:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Sangat Disayangkan, Pot Bunga Jembatan Ampera Jadi Tempat Sampah

Jembatan Ampera/net

RMOL. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan masih sangat kurang. Setidaknya itu terlihat dari tumpukan sampah yang dibuang masyarakat di pot-pot bunga yang berada di atas Jembatan Ampera.

Hal tersehut dikemukakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Palembang Faizal AR saat diwawancarai Kantor Berita Politik RMOLSumsel, Senin (16/4).

"Banyak sekali masyarakat yang membuang sampah di pot bunga yang berada di Jembatan Ampera," jelasnya.

Untuk membersihkan sampah di area tersebut, Dinas LHK Palembang menugaskan petugas khusus. Mereka terdiri dari tiga personel pasukan kuning, yang khusus membersihkan kawasan Jembatan Ampera.

"Ada tiga petugas kuning yang khusus ditugaskan di Jembatan Ampera. Mereka bekerja dari pagi hingga sore hari," terang Faizal.

Sesuai instruksi Walikota dan persiapan menyambut Asian Games, Faizal berencana menerapkan sanksi bagi masyarakat yang sembarangan buang sampah.

"Beberapa bulan ke depan, Palembang akan menggelar Asian Games yang mana akan banyak orang datang ke kota Palembang. Kami berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan," imbuhnya.

Faizal mengatakan, LHK telah membentuk satuan tugas (satgas) kebersihan, yang tugasnya menyusuri dan memantau warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan, sanksi berupa denda dan hukuman kurungan penjara akan diberlakukan bagi para pelanggar sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor. 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

"Sesuai dengan perda, sanksi denda Rp 50 juta sedangkan untuk sanksi hukuman berupa 6 bulan kurungan," tegasnya.

Nantinya akan ada sekitar 90 orang tergabung dalam satgas kebersihan, yakni dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas LHK, termasuk menggandeng  Kepolisian dari Polresta Palembang dan TNI dari Kodim.

Nanti 90 orang tersebut akan dibagi menjadi enam regu yang mana masing-masing regu berisikan 15 orang. Satgas kebersihan ini akan bekerja dari pukul 07.00-22.00 WIB.

"Walikota Harnojoyo yang sebelum cuti,  sudah meminta kami menerapkan sanksi. Setelah Pemerintah Kota (Pemkot) kerja keras memberikam kesadaran masyarakat melalui gotong royong, sudah saatnya kita terapkan sanksi. Kami tidak akan pandang bulu kedepatan ada yang kedapatan membuang sampah sembarangan.‎ Hukuman kurungan menanti," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Demokrat Akui Main Dua Kaki

Demokrat Akui Main Dua Kaki

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00