Sapi Terjangkit Virus Jembrana Ditemukan di OKU

Kesehatan  KAMIS, 12 APRIL 2018 , 14:59:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Sapi Terjangkit Virus Jembrana Ditemukan di OKU

Foto/Net

RMOL. Virus jembrana yang merupakan penyakit berbahaya dan mematikan bagi hewan ternak khususnya ternak jenis sapi bali nampaknya mulai menyerang sapi peliharaan milik warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Tri Apria Ningsih, membenarkan penyakit sapi jembrana telah menjangkiti sapi ternak yang ada di kabupaten OKU.

"Ada sample hasil labnya, kalau mau data lengkap silahkan temui kabid peternakan, karena saya tidak bawa," kata Tri saat dibincangi di sela-sela kesibukannya.

Pada rapat percepatan izin yang digelar di ruang Bina Praja Pemkab OKU kemarin, Tri melaporkan permasalahan penyakit sapi jembrana ke Bupati OKU.

Dalam laporannya dibeberkan Tri, pada tanggal 14 Maret 2018 lalu, petugas dari Dinas Perikanan dan peternakan telah memeriksa sapi milik warga di desa a
Air Wal SP 1 kecamatan Lubuk Batang yang sapinya diduga terjangkit virus jembrana.

Dikatakan Tri, petugas mengambil sample darah sebanyak 10 ekor sapi, yang kemudian dikirim ke laboratorium lampung. Hasilnya kata Tri, dari 10 sample 4 diantaranya dinyatakan positif terjangkit virus jembrana.

Virus jembrana ini dijelaskannya, sangat berbahaya bagi sapi ternak, karena dapat menular ke sapi lainnya. Selain itu virus ini juga merupakan virus mematikan yang dapat membunuh sapi-sapi ternak milik warga.

Dikhawatirkan sapi yang terjangkit virus ini dijual murah oleh para peternak, dipotong lalu dagingnya dijual. "Kalau dikonsumsi dapat berdampak pada kesehatan manusia," jelasnya.

Untuk mengatasi hal ini, sapi-sapi yang terjangkit virus jembrana menurut Tri harus segera disuntik vaksin, namun untuk menyediakan vaksin ini dibutuhkan biaya yang cukup besar. "Harus divaksi tapi kita terkendala anggaran," tukasnya.

Menanggapi hal ini Bupati OKU Drs Kuryana Aziz mengatakan telah meminta dinas Pertanian dan Peternakan untuk segera menganggarkan pembelian vaksin ini.

"Bisa nanti dianggarkan di ABT, selain untuk pengobatan sapi, juga untuk persiapan untuk pencegahan virus jembrana ini," tandasnya.[rik]



Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00