Akademisi Bisa Bantu Peningkatan Pajak

Ekonomi  RABU, 11 APRIL 2018 , 19:20:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Akademisi Bisa Bantu Peningkatan Pajak

RMOLSumsel

RMOL. Untuk memberikan kesadaran akan pajak sejak dini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar kuliah umum perpajakan yang mengusung tema "Sadari Pajak Sejak Dini"di Aula Lt. 3 UIGM Palembang, Rabu (11/4/18).

Kepala Kantor Wilayah DJP Sumsel Babel, M. Ismiransyah M. Zain menjadi narasumber langsung kegiatan yang diikuti sekitar 250 civitas akademika dari Fakultas Ekonomi (FE) UIGM.

Pria yang akrab disapa Rendi ini menyampaikan, pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pajak dan juga keadilan membayar pajak.

Disana ia memaparkan tentang definisi pajak, jenis-jenis pajak pusat dan daerah, dasar hukum pemungutan pajak serta peran pajak dalam mendukung pembangunan bangsa.

Dimana akademisi mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesadaran perpajakan dan keadilan membayar pajak di masyarakat.

"Kalangan akademisi mampu membantu DJP untuk mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat untuk lebih sadar akan hak dan kewajiban perpajakannya," jelasnya.

Kuliah umum yang dikemas dengan santai tetapi tetap berbobot meningkatkan antusiasme para peserta, terlihat dari keaktifan para peserta dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan.

Hampir semua pertanyaan yang dilontarkan Rendy bisa dijawab dengan baik oleh mahasiswa yang hadir. Dan tak kurang dari 15 pertanyaan dari dosen dan mahasiswa diajukan, mulai pertanyaan mengenai NPWP sampai tentang pajak online.

Dirinya berharap kedepannya UIGM dapat memiliki Tax Centernya sendiri sehingga akan lebih meningkatkan kerjasama DJP dan pihak kampus dalam membagikan pengetahuan perpajakan kepada civitas akademika UIGM dan mengedukasi masyarakat sekitar sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Rektor (Warek) II Dr. Sumi Amariena H, ST MT menyampaikan, bahwa UIGM adalah salah satu bagian usaha Indoglobal Mandiri di bidang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

UIGM sendiri berdiri sejak tahun 2008, yang terdiri dari 5 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya, serta Fakultas Ilmu Kependidikan dengan 24 Program Studi yang terdiri dari 12 Diploma III, 11 Srata I dan 1 Strata II yang memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 2.800 mahasiswa.

"UIGM mempunyai visi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berintegritas tinggi. Salah satunya dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas bertanggung jawab, termasuk terhadap pajak," jelasnya.

Dr. Sumi berharap dengan pelaksanaan kuliah umum perpajakan ini, mahasiswa UIGM dapat meningkatkan kompetensi di bidang perpajakan, menjadi insan yang sadar pajak dan dapat membagikan pengetahuan perpajakannya kepada keluarga dan masyarakat sekitar.

"Kami siap menjadi lembaga pendidikan yang mensuport program pemerintah melalui SDM yang bertanggung jawab," tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan Wakil Rektor (Warek) I John Roni Coyanda, Warek II Dr. Sumi Amariena, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Luis Marnisah, MM, kepala lembaga, kepala prodi, dosen dan mahasiswa FE UIGM. [rhd]



Komentar Pembaca
SBY Dihajar Lawan Politik?

SBY Dihajar Lawan Politik?

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

Melly Goeslaw - Ketulusan Hati (Bag.2)

Melly Goeslaw - Ketulusan Hati (Bag.2)

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 09:00:00

Melly Goeslaw - Bunda (Bag.1)

Melly Goeslaw - Bunda (Bag.1)

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 07:00:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

JUM'AT, 06 JULI 2018 , 18:37:00