Berani... PN Jaksel Perintahkan KPK Tetapkan Boediono Tersangka

Hukum  SELASA, 10 APRIL 2018 , 21:59:00 WIB

RMOL. Telah bertahun-tahun berbagai pihak berusaha menyeret figur-figur utama Bailout Bank Century ke ranah hukum. Tak ada yang berhasil. Gebrakan besar dibuat Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) hari ini, Selasa (10/4).

Ya! PN Jaksel, dalam putusan praperadilan yang diajukan MAKI kepada KPK, memerintahkan badan antirasuah itu menetapkan tersangka baru kasus Bailout Bank Century Rp 6,7 triliun. Yang dibidik untuk dijadikan tersangka adalan Boediono, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI).

"Telah diputus yang isinya amar putusannya memerintahkan termohon untuk melakukan proses hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century dalam bentuk melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka," kata Kepala Humas PN Jaksel Achmad Guntur kepada wartawan di Jakarta.

Sejumlah nama tersangka disebut dalam putusan tersebut. Achmad membenarkan dari nama-nama yang disebut ada nama mantan Gubernur BI yang juga mantan Wakil Presiden Boediono.

Selain Boediono, nama lain yang disebut harus ditetapkan sebagai tersangka yakni deputi gubernur BI ketika kasus tersebut muncul yakni Muliaman D Hadad, Raden Pardede dan kawan-kawan sebagaimana tertuang dalam surat dakwaan atas nama terdakwa Budi Mulya.

Dalam putusan juga disebutkan jika KPK tidak bersedia menetapkan nama-nama tersebut sebagai tersangka, jelas Achmad, maka KPK diperintahkan untuk melimpahkannya ke penegak hukum lain.

"Atau melimpahkannya kepada kepolisian dan atau kejaksaan untuk dilanjutkan dengan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat," kata dia.

"Itu putusannya dan terhadap isinya, itu putusannya," tegas Achmad. [ida]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00