Polresta Berterimakasih Kepada Pengunggah Video Pungli

Pemberi Suap Juga Diperiksa

#hashtag  KAMIS, 05 APRIL 2018 , 19:35:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Polresta Berterimakasih Kepada Pengunggah Video Pungli

ist

RMOL. Video dugaan Pungutan Liar (Pungli) oleh oknum Satuan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polresta Palembang, cukup membuat heboh para pengguna media sosial (medsos) di Kota Palembang.

Bahkan, video yang viral tersebut, mendapat tanggapan langsung dari Kasat Lantas Polresta Palembang Kompol Andi Baso Rahman.

"Kami berterima kasih kepada pengguna video, meski cara yang disampaikan salah," ujarnya.

Andi menyampaikan, anggota yang disangkakan telah melanggar peraturan khususnya pelanggaran disiplin berupa pungli, sedang dalam pemeriksaan Propam Polresta Palembang dan Propam Polda.

Dimana, dari tiga anggota yang ada dalam video, dua orang yakni TD dan ST, yang diduga melakukan praktik pungli di pos taman makam Pahlawan, akan diberikan sanksi disiplin dan dipindahkan.

"Ada tiga anggotanya yang disangkakan telah melakukan pungli, namun diketahui hanya satu orang tidak terlibat. Jadi keduanya sedang diperiksa," jelasnya.

Dengan adanya kejadian ini, Andi berharap jadi pelajaran bagi anggota yang lain, agar cara-cara lawas seperti yang dilakukan TD dan ST, tidak boleh dilakukan lagi oleh anggota Polri.

Karena sesuai instruksi dan aturan, maka pelaku pungli di tubuh satuannya, akan ditindaklanjuti untuk diberikan hukuman.

"Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini. Dimana, ini jadi pengawasan kami, dimana kami akan memberikan sanksi tegas bagi pemberi dan penerima suap. Jadi, masyarakat juga harus tau aturan, karena ada hukum  pidana dari praktik tersebut," ungkapnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap anggotanya, juga akan dilakukan pemeriksaan kepada beberapa korban yang disangkakan telah memberi suap kepada anggotanya.Karena, langkah hukum harus dilakukan terhadap pemberi suap.

"Tidak hanya anggota Polisi saja. Nanti sebagian dari hasil pemeriksaan anggotanya yang diperiksa oleh Propam setelah melihat berita acara. Disana juga akan dilihat apakah memang dari masyarakatnya yang minta untuk tidak ditindak karena yang bersangkutan melanggar, karena mereka melanggar," jelasnya

"Pemberi suap akan kami periksa juga, karena anggota kami juga ditindak hukum atas perbuatannya. Kejadian seperti itu tidak akan terjadi jika masyarakat yang melakukan pelanggaran tidak menawarkan untuk bebas dari jeratan pelanggaran melalui praktik suap," ucapnya.

Terkait dengan pemanggilan pengunggah, Andi mengungkapkan kalau telah dilakukan pemanggilan. Karena pengunggah juga yang melaporkan kejadian tersebut.

"Kedepan kita berharap masyarakat yang ingin melaporkan kejadian seperti itu, dapat melakukannya dengan langsung melaporkannya. Karena kami disini ada pimpinan seharusnya disampaikan kepada kami maka kami juga akan menindak anggota yang melakukan pungli dan calo,"  imbuhnya.

Seperti diketahui, beredar video dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum anggota Satlantas Polresta Palembang. Video berdurasi 12 menit 32 detik yang diunggah akun Youtube atas nama Benni Eduward, mneghebohkan sejumlah netizen.

Dalam video tersebut, tiga orang anggota Polantas yang bertugas di Pos Taman Makam Pahlawan Palembang, diminta perekam video untuk mengembalikan uang seorang pemuda yang telah diambil salah satu anggota dengan memilih ditilang.

Video yang dipublish tanggal 3 April pun viral didunia maya. Bahkan beberapa akun sosmed menyebarluaskan video yang telah memalukan institusi kepolisian tersebut. [sri]






Komentar Pembaca
Soal Ekonomi, Sandiaga Butuh Rizal Ramli

Soal Ekonomi, Sandiaga Butuh Rizal Ramli

KAMIS, 16 AGUSTUS 2018 , 13:00:00

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00

Hadi Tjahjanto - Pengamanan Asian Games (Bag.1)

Hadi Tjahjanto - Pengamanan Asian Games (Bag.1)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

JUM'AT, 06 JULI 2018 , 18:37:00