Legeslatif - Eksekutif Sepakat Bahas 6 Raperda

advertorial  SENIN, 02 APRIL 2018 , 09:30:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Legeslatif - Eksekutif Sepakat Bahas 6 Raperda

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU) bersama DPRD setempat menggelar Rapat Paripurna - rmolsumsel.com

RMOL. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU) bersama DPRD setempat menggelar Rapat Paripurna dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten OKU tahun 2018, Senin (2/4).
Ada lima Raperda yang merupakan inisiatif Pemkab OKU, serta satu Raperda inisiatif dari DPRD OKU yang akan dibahas secara bersama. 

Lima inisiatif dari pihak eksekutif yakni Raperda tentang perubahan atas Perda nomor 3 tentang RPJMD OKU tahun 2016 - 2021. Raperda tentang Badan Permusyaratan Daerah. Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Raperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 10 tahun 2015 tentang pemilihan kepala desa. Dan Raperda tentang perubahan atas Perda nomor 14 tahun 2010 tentang pajak penerangan jalan.

Sedangkan Raperda inisiatif DPRD OKU, adalah tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan.
Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis, dalam pidato pengantarnya menyampaikan bahwa menyampaikan, bahwa Raperda inisiatif Pemkab OKU telah disampaikan kepada Pimpinan DPRD OKU dengan surat Bupati OKU, 28 Maret 2018, nomor 188.342/056/II/2018. 

Usai memberikan penjelasan terhadap lima Raperda itu, Bupati berharap raperda-raperda tersebut dapat dibahas bersama. Sehingga mendapat persetujuan bersama dalam Paripurna DPRD OKU.

Usai Bupati OKU menyampaikan pidato pengantar, dilanjutkan dengan penyampaian Raperda atas usul dan inisiatif DPRD OKU, yang disampaikan Yopi Sahrudin S Sos.
  
Dijelaskan Yopi, bahwa Desa dan Kelurahan merupakan lembaga pemerintahan yang terkecil sebagai ujung tombak dalam melaksanakan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, serta pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan. 
Dalam melaksanakan tugas - tugas itulah, sesuai UU bahwa di Desa dan Kelurahan dapat dibentuk Lembaga Pemasyarakatan. Yang fungsinya secara garis besar membantu tugas tugas pemerintahan dan desa.

Usai Paripurna, anggota DPRD OKU membentuk tiga panitia khusus (Pansus) untuk membahas Raperda - Raperda tersebut.[Adv/Win]

Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00