Mantap! Jalan Gandus Dibangun Dua Lapis

PEMKOT PALEMBANG  KAMIS, 22 MARET 2018 , 16:47:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Mantap! Jalan Gandus Dibangun Dua Lapis

RMOLSumsel

RMOL. Ada dua proses kontstruksi yang akan dilakukan PT Tata Tama Mas (TTM) dalam mengerjakan pembangunan Jalan Lettu Karim Kadir atau jalan Gandus. Dimana, tahap pertama akan dilakukan pembangunan lantai kerja dan struktur jalan.

Hal itu disampaikan Hendra selaku pihak pelaksana pekerjaan pembangunan jalan poros Lettu Karim Kadir Kecamatan Gandus, Kamis (22/3/18).

"Pembangunan jalan Gandus ini akan kita bangun dua lapis, pertama akan dilakukan pembangunan lantai kerja dan kedua baru dibangun struktur beton," jelasnya kepada RMOLSumsel.

Hendra menyampaikan, pembangunan jalan poros Gandus ini, sudah mulai dilaksanakan hari ini, setelah surat perintah kerja (spk) diserahkan.

"Hari pertama ini kita lakukan pengukuran jalan dan pemasangan patok dimulai dari titik nol. Kemudian akan dilakukan pembersihan jalan, pengeringan jalan dan pemasangam mal," sampainya.

Sistem pengerjaannya sendiri, sambung Hendra, akan dilakukan dengan penutupan sebagian jalan. Sesuai dengan standarnya, penutupan sebagian jalan akan dilakukan selama 21 hari, agar cor beton lebih tahan lama.

"Yang kami kerjakan sepanjang 575 meter ditambah pembangunan saluran air sepanjang 200 meter," ungkapnya.

Untuk pembangunannya sendiri, jalan akan dibangun

Hendra bersyukur jika hasil kajian pihaknya, tidak ada kendala dalam pengerjaan yang akan dilakukan. Karena memang struktur jalannya masih sangat bagus.

"Dalam pengerjaannya tidak ada teknis khusus seperti sistem vacum. Jadi pelaksanaannya bisa langsung masuk tahap konatruksi," tuturnya.

Sementara itu, PPK Jalan Lettu Karim Kadir, Eldi Samputra menyampaikan, proyek pembangunan jalan poros Gandus tersebut dibagi menjadi dua paket, pertama  pekerjaan pembangunan jalan sepanjang 575 meter dan saluran air 200 meter.

Untuk paket kedua pembangunan jalan spot-spot sepanjang 350 meter ditambah pembangunan box culvert dan dinding penahan.

"Jadi pembangunan dibagi dua paket, dan prosesnya sudah mulai kita lakukan hari ini," tuturnya.

Jalan sendiri, sampai Eldi, akan dikerjakan sesuai dengan standar DAK, dimana proyek pembangunan jalan Gandus yang memakan anggaran Rp5,8 miliar tersebut, akan dibuat cor beton ketebalan 25 cm dengan kualitas tingkat kekerasan beton K300. Kualitas beton disesuaikan dengan tonase jalan.

"Jadi ketebalan jalan sekitar 35 cm, karena jalan disesuaikan dengan tonase kendaraan yang melintas," sampainya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang saat itu dipimpin H. Harnojoyo yang menjabat sebagai Walikota Palembang, berjanji memperbaiki jalan Gandus pada Maret 2018.

Dimanan, pria yang kini sedang cuti sebagai sebagai pimpinan Kota Palembang tersebut, berjanji kepada masyarakat Kecamatan Gandus melalui audensi Aliansi  Warga Peduli Jalan Gandus, kediaman Dinas Walikota pada akhir Desember lalu.

Hari ini, setelah melalui proses lelang, perbaikan jalan Gandus direalisasikan dan mulai melakukan tahap pekerjaan. [rhd]

Komentar Pembaca
PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

RABU, 17 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00