Endikat Ditutup Total, Pengusaha Mulai Khawatir

Ekonomi  KAMIS, 22 MARET 2018 , 16:22:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Endikat Ditutup Total, Pengusaha Mulai Khawatir

RMOLSumsel

RMOL. Dijadwalkan pada awal April 2018 mendatang Jembatan Endikat yang ada diperbatasan Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat tidak akan bisa dilalui lagi semua kendaraan.

Pasalnya awal April pembangunan jembatan yang saat ini mengalami rusak parah tersebut akan dilakukan perbaikkan oleh pihak Balai Besar. Dijadwalkan pada pertengahan Mei 2018 akan bisa dilalui kendaraan, namun masih harus melihat kondisi pengerjaannya.

Berdasarkan paparan perwakilan dari pihak Balai Besar Jalan Provinsi Sumsel, M Zulkarnain, kondisi jembatan saat ini memang sudah tidak layak digunakan lagi. Jadi awal Apil dipastikan Jembatan Endikat akan ditutup.

"Awal April dipastikan pengerjakan Jembatan Endikat akan dilakukan. Jadi jalur tersebut akan ditutup selama masa pengerjaan," ujarnya.

Namun mengingat jalan tersebut merupakan salah satu akses utama masyarakat Pagaralam, pihak Balai Besar akan membuka jalur tersebut pada Mei 2018 mendatang.

"Kita akan maksimalkan pengerjaannya agar bisa kembali dilewati kendaraan kembali. Kita jadwalkan pada Mei 2018 akan bisa dilewati," katanya.

Untuk itu pihak Balai Besar menawarkan solusi jalur alternatif yaitu Jalur Gumay dan jalur Lubuk Linggau. Namun hal ini mendapat protes dari sejumlah pengusaha baik pengusaha kopi, sayur dan SPBU.

Sementara tokoh masyarakat Pagaralam Dimiyati Rais mengatakan akan banyak efeknya terhadap penutupan jalan secara total terutama bagi pengusaha kopi, sayuran dan lain-lain.

Ia mengatakan, jika arus lalulintas di alihkan maka tidak memungkinkan karena selain sempit namun tidak mampu di lewati oleh kendaraan-kendaraan  berat seperti truck,bis maupun pusoh,Sedangkan jika harus melewati jalan lain yakni lewat tebing tinggi maka khawatir dengan tingkat keamanan

"Kami sangat mendukung jika jembatan ini diperbaikki. Namun akan banyak efek bagi perekonomian di Kota Pagaralam. Pasalnya kendaraan besar tidak akan bisa lewat jalur alternatif Gumay. Sedangkan untuk jalur Kabupaten Empat Lawang kami khawatir keamanan mobil kami," ujar Dimiyati. [rhd]



Komentar Pembaca
Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Penyandang Tunanetra Sakit Hati Dengan Omongan Ma
Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00