Bantuan Hukum Gratis Warga Miskin Bukan Belas Kasihan, Tapi Hak!

Politik  MINGGU, 18 MARET 2018 , 10:36:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Bantuan Hukum Gratis Warga Miskin Bukan Belas Kasihan, Tapi Hak!

net

RMOL. Bantuan hukum adalah hak. Terlabih bagi orang miskin atau tidak mampu. Bantuan hukum dimaksud dapat diperoleh secara cuma-cuma alias gratis sebagai penjabaran persamaan hak di hadapan hukum.

Hal itu sesuai sebagaimana ketentuan pasal 34 UUD 1945, yang menegaskan bahwa fakir miskin menjadi tanggung jawab negara.

Demikian disampaikan Ketua Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Baturaja, Mardensi Mahmud SH didampingi Bambang Irawan SH, saat menggelar sosialisasi di Desa Kungkilan Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), baru-baru ini.

"Jadi bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampu itu bukan belas kasihan, melainkan suatu kewajiban bagi kami sesuai amanat Undang-undang (UU). Bantuan hukum ini juga berdasarkan surat edaran Mahkamah Agung RI No 5/ 2013 tentang bantuan hukum,” ulas dia.

Bentuk bantuan hukum dimaksud, jelas Mardensi adalah pemberian konsultasi hukum sampai pada pendampingan. Baik di luar maupun di dalam pengadilan (sidang).

Posbakumadin sendiri, sambung dia, siap memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat tidak mampu/ miskin.

Bahkan, Posbakumadin Baturaja siap mendatangi masyarakat yang berperkara sepanjang yang bersangkutan memenuhi syarat untuk mendapatkan pelayanan bantuan hukum secara cuma-cuma,” tegasnya.

Pihaknya juga akan kembali mengunjungi desa lain di OKU untuk mensosialisasikan bantuan hukum gratis bagi masyarakat kurang mampu ini.

"Agar masyarakat tahu bahwa ada bantuan hukum,” tandasnya.[sri]









Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00