Cuma Butuh 10 Menit Skimming Dipasang, Nomor PIN ATM Terekam

Kriminal  SABTU, 17 MARET 2018 , 17:25:00 WIB

Cuma Butuh 10 Menit Skimming Dipasang, Nomor PIN ATM Terekam

Pembobol ATM/NET

RMOL.Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan, tak lama waktu dibutuhkan pelaku skimming untuk beraksi.

Untuk bisa memasangkan alat skimming di mesin ATM, pelaku hanya perlu waktu beberapa menit. Untuk bisa memasangnya hanya butuh waktu lima sampai sepuluh menit,” ujar dia, Sabtu (17/3), seperti diberitakan JPNN.

Sehingga dia meminta masyarakat untuk peduli dengan lingkungan sekitar jika melihat ada seseorang yang berlama-lama di dalam ATM.

"Peran masyarakat penting. Jika menemukan ada orang yang lama di ATM laporkan ke petugas. Sebab transaksi di ATM tidak lebih dari lima menit," sambung mantan Direktur Reserse Narkoba PMJ ini.

Masyarakat kata dia diharapkan melapor jika melihat alat-alat yang di luar kewajaran berada di ATM. "Kalau masuk kartu terganjal itu bisa dilaporkan," tambahnya.

Pasalnya kata dia, pelaku beraksi dengan memasang alat skimmer di tempat memasukan kartu. Selain itu, kamera tersembunyi juga ditempatkan di lokasi menekan PIN.

"Jadi ini dipasang sehingga apabila seseorang memasukkan nomor PIN-nya begitu kartu dimasukkan data itu terekam," ujarnya.

Kemudian kalau data nasabah sudah masuk akan ditempatkan di sebuah hard disk. Lalu dana nasabah ini akan ditransfer dan diambil tunai untuk keperluan sehari-hari para pelaku.[sri]

Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00