Selain Bebas Melintas Sering Ditemui Kontainer Tidak Dilengkapi Rantai Pengikat

Sosial  SABTU, 17 MARET 2018 , 13:35:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Selain Bebas Melintas Sering Ditemui Kontainer Tidak Dilengkapi Rantai Pengikat

RMOLSUMSEL

RMOL. Bukan hanya tidak mengenal waktu, keberadaan kontainer yang melintas di jalan Kota Palembang juga sering membuat khawatir pengguna jalan. Pasalnya, cukup banyak kontainer yang melintas tidak dilengkapi rantai pengikat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan, Pengendalian, dan Operasional, Marta Edison.

"Memang cukup banyak ditemui kontainer yang melintas tidak dilengkapi rantai pengikat. Tapi kami tidak dapat melakukan tindakan apapun, karena pemilik jasa transportasi mengatakan hal itu aman," jelasnya, kepada RMOLSumsel, belum lama ini.

Sebagai pihak pengawas, Marta tidak dapat menjamin kontainer keamanan yang dilengkapi dengan rantai pengaman tersebut. Karena ada pihak terkait yang memiliki wewenang terkait penindakan.

Dimana, Dishub hanya dapat melakukan terkait kondisi kendaraan, dan terkait hal tersebut, pihaknya terus memberikan himbauan, agar para pengusaha jasa transportasi ini agar memperhatikan kondisinya kendaraannya.

"Saat kami ke pemilik jasa transportasi ini, mereka menjamin kontainernya aman meskipun tidak dilengkapi dengan rantai pengaman. Tapi kami akan awasi kondisi kendaraan," tuturnya.

Sejauh ini sampainya, cukup banyak pengusaha jasa tersebut tidak memperhatikan kendaraannya sehingga sering terjadi kecelakaan. Karena selama ini para pengusaha berada di balik layar.

"Sebenarnya sudah banyak kendaraan yang tak dilengkapi dengan surat uji KIR dikandangkan, namun kenyataannya di jalan masih banyak kendaraan yang tak layak jalan. Dari kita sudah upayakan melakukan tindakan," ulasnya.

Sejauh ini jam operasional kendaraan besar yang masuk kedalam kota telah ada aturan yang jelas sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang.

Dimana, kendaraan besar seperti kontainer, dilarang melintas di jalan-jalan protokol mulai pukul 06.00-09.00 dan pukul 15.00-21.00.

"Kami ini serba salah, dari satu sisi ada pihak terkait lain yang menjadi tugasnya untuk melakukan penindakan, di satu sisi berpengaruh kepada perekonomian masyarakat Palembang," tandasnya.[sri]





Komentar Pembaca
PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

RABU, 17 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00