Ikan Gabus Mulai Langka, Pemkot Lakukan Budidaya Bibit Unggul

PEMKOT PALEMBANG  JUM'AT, 16 MARET 2018 , 22:49:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Ikan Gabus Mulai Langka, Pemkot Lakukan Budidaya Bibit Unggul

net

RMOL. Keberadaan ikan Gabus yangg menjadi salah satu bahan kebutuhan pokok masyarakat Palembang mulai langkah. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun RMOL Sumsel, saat ini antara kebutuhan dan jumlah pasokan ikan Gabus tidak seimbang.

Dimana, produksi ikan di Palembang hanya mencapai 5 ton perhari dengan kebutuhan ikan sebanyak 15 ton perhari. Hal itupun diakui Dinas Perikanan Kota Palembang.

Dibincangi beberapa waktu yang lalu, Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Aprizal Hasyim, untuk mengatasi kekurangan terkait kebutuhan ikan Gabus yang menjadi bahan dasar Pempek, pihaknya akan mengembangkan budidaya bibit unggul untuk ikan gabus.

"Budidaya bibit unggul untuk ikan Gabus menjadi salah satu upaya kami, selain memasok ikan dari daerah lain," sampainya.

Aprizal menerangkan, masyarakat biasanya mendapatkan ikan Gabus dari penangkapan di perairan yang ada di Palembang, karena saat ini palembang sedang gencar melakukan pembangunan maka semakin lama habitat ikan gabus semakin berkurang.

"Kami ingin Palembang bisa menghasilkan ikan gabus dengan kualitas bagus. Karena selama ini juga, untuk memenuhi kebutuhan, Palembang memasok ikan dari daerah lainnya seperti daerah Ogan Ilir, Muba, OKI dan Banyuasin," jelasnya.

Nantinya sambung Aprizal, setelah sukses membudidayakan 100 ribu bibit unggul ikan gabus, maka pihaknya akan segera membuat regulasi agar bibit unggul tersebut bisa diserahkan kepada kelompok-kelompok usaha perikanan yang ada di Palembang.

"Tahun ini kami menargetkan prosuksi ikan yang ada di palembang bisa meningkat sebanyak 10 persen dari tahun lalu," tandasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00