Sebelum Akhir Bulan Jalan Gandus Mulai Dikerjakan

Sosial  JUM'AT, 16 MARET 2018 , 21:45:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Sebelum Akhir Bulan Jalan Gandus Mulai Dikerjakan

RMOLSumsel

RMOL. Sesuai dengan janji yang pernah disampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah mulai melakukan tahapan pembangunan Jalan Lettu Karim Kadir Kecamatan Gandus.

Kepada RMOLSumsel, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataam Ruang (PU-PR) Ahmad Bastari menyampaikan, saat ini progres pembangunan jalam Gandus sudah masuk tahap pelelangan.

Dimana, pada tanggal 21 Maret tahun ini, akan diumumkan pemenang tender proyek pembangunan jalan yang selama ini dipertanyakan masyarakat Gandus. Artinya, sebelum akhir bulan pekerjaan fisik sudah mulai dilaksanakan.

"Tanggal 22 Maret kita serahkan surat perintah kerja (spk) terhadap perusahaan kontraktor pemenang tender. Dimana, tanggal 23 Maret sudah bisa dikerjakan secara fisik," jelasnya via telp, Kamis (15/3/18).

Bastari menyampaikan, pembangunan jalan Gandus menjadi prioritas pembangunan yang diperintahkan Walikota yang saat itu masih dipimpin H. Harnojoyo.

Dimana, dari total panjang jalan 3,4 KM, terjadi kerusakan sekitar 1,8 KM dan memang perlu medapat perbaikan.

"Kita akan perbaiki jalan yang rusak, dimana anggaran perbaikan jalan khusus jalan Lettu Karim Kadir menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2018 sebesar Rp5,8 Miliar," sampainya.

Proses pengerjaannya sendiri, sampai Bastari akan memakam waktu sekitar tiga bulan. Karena, untuk mengantisipasi kerusakan dikemudian hari, Dinas PU-PR Kota Palembang akan melakukan penanganan berupa, pembuatan saluran drainase, box culvert pada beberapa sisi jalan.

"Kami berharap masyarakat bersabar, karena apa yang disampaikan bukan janji, tapi karena semuanya butuh proses," imbuhnya.

Kedepan, Pemkot Palembang akan mengatur tata ruang di Kecamatan Gandus. Keberadaan pabrik atau industri dikawasan tersebut, tidak bisa sembarangan.

Tidak hanya itu, keberadaan penambang pasir juga akan diatur lagi. Seperti mengatur operasional penambang pasir melalui jalur air.

"Kita akan buatkan jala  alternatif, jadi jangam terfokus pada satu jalan itu saja. Jika memang nanti akses tol sudah jadi, akan menjadi salah satu alternatif bagi kendaraan bertonase besar dari industri di Gandus," tuturnya.

Selain Jalan Gandus beberapa jalan lainnya di Palembang juga diperbaiki 2018 ini. Seperti jalan Macan Lindungan, Talang Kepuh, Sematang Borang dan Celentang Jalan Brigjen Hasan Kasim dan beberapa jalan lainnya.

"Walilota minta Palembang kedepan Zero Hole, beberapa perbaikan sudah mulai kami lakukan dan dapat dilihat dibeberapa wilayah, khususnya diwilayah pinggiran Kota Palembang yang masuk tanggung jawab kami. Kita pastikan April beberapa pekerjaan perbaikan lain dimulai," tandasnya. [rhd]



Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00