Pilgub Sumsel

Empat Kandidat Janjikan Perbaikan Insfrastruktur Jalan

Politik  RABU, 14 MARET 2018 , 21:09:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Empat Kandidat Janjikan Perbaikan Insfrastruktur Jalan

Debat Kandidat Pilgub Sumsel/RMOLSUMSEL/Suhardi

RMOL. Perbaikan insfrastruktur jalan di kabupaten/kota menjadi sorotan empat kandidat pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumsel pada debat publik yang berlangsung di Ballroom Hotel Novotel, Palembang, Rabu (14/3) malam.

Debat publik yang diselenggarakan oleh KPU provinsi Sumsel dengan tema pertama ini mengangkat persoalan reformasi birokrasi, penuntasan persoalan politik, ekonomi,  dan infrastruktur ini disiarkan secara langsung stasiun TVRI Palembang.

Pada segmen pertama, masing-masing kandidat diberikan waktu tiga menit untuk menyampaikan visi misi.

Pasangan nomor urut 1 Herman Deru-Mawardi Yahya mengaku, bersyukur menjadi warga  Sumsel karena Sumsel memiliki sumber daya alam (SDA) karena Sumsel provinsi nomor 5 di Indonesia.

"Meski Sumsel kaya dengan SDA yang ada namun SDM kita belum mumpuni karena kesenjangan sosial masih tinggi, ini menjadi tugas kita," ujar Deru.

Herman Deru juga berjanji akan memperbaiki infrastruktur jalan karena masih banyak jalan yang rusak dan sebagainya.

Menurut Deru, saat ini infrastruktur masih terfokus di pusat kota untuk itu perlunya pemerataan pembangunan, sebagai orang berdomisili di daerah Deru mengaku sangat tahu bagaimana jalan lintas provinsi yang ada di kabupaten/kota.

"Maka kita butuh  perubahan dan bersatu Sumsel maju," ujar Deru.

Pasangan nomor urut 2 Aswari-irwansyah Irwansyah menyampaikan, ingin menciptakan Sumsel baru. Setelah berkeliling menjumpai masyarakat Sumsel pasangan yang diusung Partai Gerindra-PKS memiliki visi misi sederhana, bersih dan rasa sejuk untuk Sumsel baru.

Menurut calon wakil gubernur Irwansyah, ada dua fokus yang menjadi program utama pihaknya. Yang pertama infrastruktur yang lebih merata karena dilihat pada priode lima tahun ini sudah cukup baik karena menjadi tuan rumah Asian games nanti. Namun pihaknya menjanjikan pembangunan berkonsep berkeadilan  yang merata.

Untuk  menuntaskan persoalan yang ada ditengah masyarakat baik  itu pendidikan, kesehatan, infrastruktur  dan kesenjengan sosial maka pihaknya akan  melakukan pendataan terlebih dahulu.

"Dengan pendataan maka akan mudah yang mesti diperhatikan kedepan,"ujar Irwansyah.

Pasangan nomor 3 Ishak -Yudha menyampaikan, pemerataan infrastruktur karena banyak kerusakan jalan dimana-mana, hanya butuh 1 tahun untuk menuntaskan persoalan ini.

"Tata kelola pertanian melalui hilirisasi, dan pembangunan Sawit dan karet dengan mendatangkan investor asing, kami juga akan memberikan 10 juta bantuan sebesar Rp 10 juta untuk 50 ribu UMKM," jelas Ishak

Pasangan nomor urut 4, Dodi-Giri berjanji hanya butuh dua tahun untuk menuntaskan persoalan infrastuktur, dengan itu maka Infrastruktur di Sumsel semakin baik.

"Jika kami dipercaya kami hanya butuh dua tahun untuk menuntaskan persoalan ini, 100 persen jalan mulus," janji Dodi.

Pasangan ini juga berjanji melanjutkan  program pendidikan dan berobat bagi masyarakat yang saat ini sudah berjalan.

Selain itu peremajaan pertanian bagi masyarakat dan optimalisasi lahan sawah dan perairan.

"Teknologi akan diterapkan di pelayanan publik dan internet akan dinikmati oleh masyarakat Seluruh desa yang ada di pelosokan, dan mewujudkan TAA dan memberikan modal bagi pelaku UMKM yang ada di Sumsel," ujar Dodi.

Ketua KPU Sumsel, Aspahani dalam sambutannya berharap debat publik ini menjadi ajang kampanye bagi empat pasangan calon untuk memaparkan program kerja serta visi misinya kepada masyarakat.

Selain itu pihaknya, berharap pilkada serentak 2018 di Sumsel dapat berjalan lancar dan damai menghasilkan pemimpin yang baik.

"Dalam pilkada tentu ada yang terpilih dan yang belum terpilih, kami harapkan bangun jiwa besar untuk menerima apapun hasilnya," pungkasnya.[rik]



Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00