Pemkot Maksimalkan Peran Strategis RT/RW

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 14 MARET 2018 , 15:45:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Pemkot Maksimalkan Peran Strategis RT/RW

RMOLSUMSEL

RMOL. Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memiliki peran strategis sebagai mitra Pemerintahan. Untuk itu, perlu ada sistem agar peran para garda terdepan pelayanan Pemerintah tersebut, dapat lebih maksimal.

Salah satunya adalah aturan terkait jumlah Kepala Keluarga (KK) yang dinaungi oleh ketua RT dan jumlah RT yang dipimpin oleh ketua RW.

Kepada RMOL Sumsel, Camat Ilir Barat (IB) II, Halim Mahmud menyampaikan, sosialisasi kegiatan RT yang diadakan hari ini, Rabu (14/3/18) terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 Tahun 2017 tentang RT/RW.

"Ada 514 RT/RW yang kita undang, dan semuanya mendapat pembekalan terkait Perda yang akan mereka terapkan dalam memberikan pelayanan," jelasnya.

Halim mengatakan, melalui Perda ini, kedepan peran ketua RT/RW akan lebih efektif, salah satunya adalah satu RT bisa menaungi 100-200 KK.

"Kalo dulu satu RT 30 KK, sekarang diperluas lagi, termasuk jumlah RT yang dibawah RW," tuturnya.

Dengan adanya pola perangkat RT/RW yang dibuat saat ini, maka tugas mereka sebagai penyambung antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan lebih maksimal dalam memberikan pelayanan.

"Nanti ketua RT ini selain sebagai penyampai informasi dari pemerintahan ke masyarakat, mereka juga akan diminta agar dapat menjadi penyambung lidah dari masyarakat ke pemerintah. Dengam begitu, kedepan tidak ada lagi keluhan yang tidak dapat diselesaikan, seperti permintaan warga terkait perbaikan sarana dan fasilitas infraatruktur jalan," ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Walikot Palembang Akhmad Najib berharap, melalui Perda yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang tahun 2017, dapat menjadikan sistem pelayanan yang lebih maksimal.

"Melalui Perda ini, tidak hanya ketua RT/RW yang aktif, Camat dan Lurah juga harus lebih dekat dengan masyarakat. Kita tidak ingin lagi ada keterlambatan pelayanan seperti pemcetakkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el)," imbuhnya.

Najib juga menghimbau, melalui sosialisasi peran strategis ketua RT/RW sebagai mitra Lurah dan Camat, dapat membantu pemerintah dalam menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing, khususnya menjelang Pemilham Kepala Daerah (Pilkada) dan Asian Games.

"Sesuai janji Pemerintah dari tahun lalu, seiring meningkatnya beban kerja RT/RW, maka akan ditngkatkan juga insentifnya. Hal ini akan kita realisasikam dalam waktu dekat," tandasnya. [sri]








Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00