Programnya Sukses, KUA Ini Dirikan Rumah Tahfidz

Sosial  RABU, 14 MARET 2018 , 11:58:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Programnya Sukses, KUA Ini Dirikan Rumah Tahfidz

RMOLSumsel

RMOL. Setelah sukses menggalakkan program pengajian rutin bulanan ibu-ibu Majelis Taklim se Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kini Kantor Urusan Agama (KUA) dan para penyuluh agama Islam (PAI) non PNS setempat turut mensukseskan program Rumah Tahfidz yang digalakkan Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel.

Sebanyak 40-calon Hafidz-Hafidzoh dari berbagai desa di kecamatan itu berhasil dihimpun. Mereka dikumpulkan di Kantor KUA setempat, kemarin, guna mendengarkan arahan dari Kepala KUA, Husnul Yakin SHI, MH.

"Kita menghimpun anak-anak calon atau bibit penghafal Quran di Semidang Aji. Ada 40 anak yang kita kumpulkan dari berbagai desa mulai dari SD - SMP," ungkap Ustadz Yuherzon, salah satu PAI non PNS dihubungi RMOLSumsel, Rabu (14/3).

Mereka itu berasal dari TK/ TPA di berbagai desa di Semidang Aji, ada juga yang murni usulan dari para penyuluh sendiri.

Teknisnya nanti, jelas Yuherzon, para penghafal Al-Quran ini akan menyetor hafalan mereka kepada para ustad-ustadzahnya termasuk kepada PAI non PNS, dengan sistem silang sebulan sekali.

"Kita programkan pertemuan dengan para Hafidz sebulan sekali, bergilir dari desa ke desa lain di Semidang Aji ini. Kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali," katanya.

Kepala KUA Semidang Aji, Husnul Yakin, berharap dengan didirikannya rumah tahfidz ini, dapat timbul benih-benih baru para penghafal Al-Qur’an.

Sehingga, ketika ada momen MTQ dan lain sebagainya, Kecamatan Semidang Aji ini tidak repot lagi mencari bibit.

Sebagai stimulus, kata Husnul, bagi yang hafal satu juz saja, nanti akan diberikan sertifikat dari KUA. Termasuk bantuan Alquran gratis.

"Target jangka panjang kita berharap akan tercipta anak anak penghafal Quran, tidak hanya satu juz. Tapi secara keseluruhan," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa gerakan mengajak generasi muda menghadal Al-Qur’an termasuk salah satu pembangunan mental spiritual dan membentuk karakter anak muda, agar semakin cinta kepada Agama.

Dengan menciptakan bibit-bibit Hafidz - hafidzoh, nantinya juga diharapkan akan memakmurkan masjid dan bisa bersaing di segala bidang keilmuan yang mempunyai jiwa dasar Al-Quran," tandasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00