Abrasi, Pinggiran Sungai Lematang Kian Mengkhawatirkan

Daerah  SELASA, 13 MARET 2018 , 20:47:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Abrasi, Pinggiran Sungai Lematang Kian Mengkhawatirkan

Tergerus Air/RMOLSUMSEL/Andi Syahrial

RMOL. Tingginya intensitas hujan beberapa hari belakangan, berakibat debit air Sungai Lematang meninggi. Imbasnya, tanah di pinggir itu tergerus air atau abrasi.

Seperti terlihat di pinggir Sungai Lematang di kawadab Desa Banjar Negara kian mengkhawatirkan karena tergerus air, bahkan sejumlah pohon yang berada persis diseberang Plaza Tepian Sungai Lematang itu, ikut tumbang. Akibat dari air yang terus mengikis tepian sungai, ditambah bebatuan yang berada di tepian sungai terus diambil oleh masyarakat.

"Apabila dibiarkan terlalu lama lagi, dikhawatirkan sungai akan semakin melebar. Sudah sangat layak dibangun tembok penahan arus air sungai," kata Suldan Helmi, Kades Banjar Negara, Selasa (13/3).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono mengatakan, pihaknya sadar dinding penahan tepian kiri Sungai Lematang itu, sudah layak untuk dibangun. Pihaknya sudah lama melaporkan hal ini ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Anggarannya sedang digodok, sedangkan besaran dana dan kapan waktu dibangun masih menunggu dari pusat," tandasnya.[rik]


Komentar Pembaca
Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00

Romi Dikawal di Bandara

Romi Dikawal di Bandara

JUM'AT, 15 MARET 2019 , 18:30:00