Peserta Tambah Semangat, Hadiah MTQ Naik Dua Kali Lipat

Laporan: Edwinsyah Satria

Budaya  SELASA, 13 MARET 2018 , 19:18:00 WIB

Peserta Tambah Semangat, Hadiah MTQ Naik Dua Kali Lipat

MTQ ke-35 Muara Enim/RMOLSUMSEL/Edwinsyah Satria

RMOL. Raut gembira terlihat dari puluhan peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-35 tingkat Kabupaten Muara Enim yang berlangsung di Kecamatan Ujan Mas.

Bagaimana tidak, jika dibanding penyelenggaraan sebelumnya, jumlah hadiah untuk para juara meningkat drastis mencapai dua kali lipat.

Ajang diselenggarakan dua tahunan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar di halaman Masjid Al Baniah Kecamatan Ujan Mas, Muara Enim, Selasa (13/3). Adapun MTQ ke-35 tingkat Kabupaten Muara Enim kali ini memperlombakan 9 cabang yang  berlangsung selama 6 hari dari 12-18 Maret dengan diikuti sebanyak 600 peserta dari 20 Kecamatan.

Ajang MTQ merupakan salah satu program pembangunan nasional bidang keagamaan dengan tujuan mencetak kader muslim Qurani, pastinya Pemkab sebagai penyelenggara sangat mengapresiasi seluruh peserta sehingga hadiah kita berikan jauh lebih besar dan meriah," kata Bupati.

Bupati mengatakan juara umum MTQ selain akan mewakili peserta MTQ tingkat provinsi, juga akan kembali diberikan bonus reward sebesar Rp15 juta. "Diharapkan ini bisa kembali memotivasi generasi muda agar meningkatkan pemahaman nilai-nilai Alquran, baik di pengajian, pondok pesantren, TPA dan masjid-masjid," paparnya.

Sementara Ketua penyelenggara yang juga Asisten III Bidang Kesra Setda Pemkab Muara Enim, Rusdi Hairulah menuturkan pemkab meningkatkan hadiah juara untuk seluruh cabang perlombaan. Yakni juara 1 dari mendapat hadiah Rp2 juta menjadi Rp5 juta. Juara 2 dari mendapat hadiah Rp1,2 juta menjadi Rp3 juta. Sementata untuk juara 3 dari mendapat hadiah Rp800 ribu ditingkatkan menjadi Rp2 juta.

Ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan motivasi mereka, diharapkan ajang ini bisa kembali mencetak Qori, qoriah, Hafiz dan hafioh andalan Kabupaten Muara Enim," ucapnya.

Lanjutnya, seluruh peserta yang berhasil meraih juara percabang, akan berkesempatan mewakili menjadi Kafilah Kabupaten Muara Enim mengikuti MTQ tingkat Provinsi yang berlangsung di Kabupaten Ogan Ilir pada 29 April - 5 Mei mendatang.

Untuk itu kami berharap seluruh dewan hakim yang bertugas melakukan penilaian bersikap objektif, supaya output dari ajang ini menghasilkan Qori dan Qoriah berkualitas yang siap bersaing baik ditingkat, provinsi, nasional hingga internasional," pungkasnya.[rik]



Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00