Gagal Mediasi, Perkara Warga dengan Perkebunan Sawit Berlanjut Terus

Kriminal  SENIN, 12 MARET 2018 , 22:31:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Gagal Mediasi, Perkara Warga dengan Perkebunan Sawit Berlanjut Terus

Sidang Mediasi di PN Lahat/RMOLSumsel-asa

RMOL.  Sidang kedua kasus dugaan penyerobotan tanah warga Desa Talang Sawah, Kecamatan Lahat Selatan,  yang diduga dilakukan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT AP digelar di Pengadilam Negeri Lahat, Senin (12/3).

Hingga ditutup, sidang itu tak menemui titik terang. Karenanya sidang mediasi antara Dalian selaku penggugat dengan PT AP sebagai tergugat, dinyatakan gagal oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Lahat.

Dalam sidang kali ini, penggugat dan tergugat didampingi oleh kuasa hukum masing-masing. Sidang dipimpin hakim meditor yang ditunjuk oleh Ketua Majelis Hakim.

"Sifatnya wajib mengikuti mediasi, tapi baik dari penggugat dan tergugat dalam sidang kali ini gagal mediasi. Agenda sidang selanjutnya akan kita jadwakan terlebih dahulu," ujar Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lahat, Agus Pancara, SH M.Hum.

Selaku penggugat, Dalian menuturkan, mediasi ini gagal dikarenakan pihak PT AP, tidak menyetujui untuk mengembalikan lahan seluas 12 hektar yang kini jadi miliknya itu. Padahal untuk mendapatkan surat HGU, dibutuhkan dahulu surat pelepasan dari pihaknya.

"Surat milik kita tahun 1994. Kita punya bukti-buktinya. Jadi kita sudah siap melalui jalur hukum dalam kasus ini," tutur Dalian, didampingi Firnanda SH Cla, dan Minsuri SH, selaku kuasa hukum.

Disisi lain, Marini Siregar didampingi Yulius Kapli, kuasa direksi PT AP mengatakan, mediasi gagal karena minta hak itu dikembaikan, tapi di sana tidak ada hak mereka. Segala sesuatunya akan kita ajukan ke hukum.

"Kita lihat di meja hijau nanti. Masalah ini bukan yang pertama, lahan itu memang milik perusahaan," kata Marini Siregar. [ida]



Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00