Prioritas Bangun Daerah, Muara Enim Terapkan Prinsip Money Follow Program

Laporan: Edwinsyah Satria

Ekonomi  SENIN, 12 MARET 2018 , 15:58:00 WIB

Prioritas Bangun Daerah, Muara Enim Terapkan Prinsip Money Follow Program

Rapat Koordinasi Perangkat Daerah/RMOLSUMSEL/Edwinsyah Satria

RMOL. Dalam upaya meningkatkan efesiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menerapkan prinsip money follow program dalam merencanakan anggaran pembangunan.

Prinsip money follow program maksudnya adalah bahwa anggaran, khususnya belanja modal harus betul-betul dialokasikan untuk program-program prioritas dan benar-benar dibutuhkan masyarakat.

Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar menerangkan, prinsip money follow tersebut diterapkan dalam penyusunan program dan anggaran pembangunan tahun 2019 mendatang.

Ditahun 2019 agar mempedomani kebijakan penganggaran yang berbasis prioritas pembangunan daerah dan nasional atau prinsip money follow program," kata Bupati saat membuka kegiatan forum koordinasi perangkat daerah Kabupaten Muara Enim tahun 2018 yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda, Senin (12/3).

Dengan menerapkan prinsip itu, Bupati berharap perangkat daerah mempertimbangkan tiga dimensi pembangunan. Yakni dimensi pembangunan manusia, dimensi pembangunan sektor unggulan dan dimensi pembangunan pemerataan dan kewilayahan.

Selain itu juga perlu memperhatikan kondisi perlu untuk memastikan agar pembangunan dapat berlangsung," paparnya.

Dalam kegiatan Forum tersebut dihadiri seluruh kepala dan pejabat OPD. Untuk itu Bupati juga kegiatan tersebut dapat menyeleraskan antara usulan masyarakat melalui hasil Musrenbang Kecamatan dan desa, laporan hasil reses DPRD Muara Enim, serta rencana program dan kegiatan yang diusulkan masing-masing perangkat daerah.

Sehingga output akhir perencanaan pembangunan ditahun 2019 mendatang semakin aspiratif dan akomodatif sebagaimana harapan masyarakat Kabupaten Muara Enim," jelasnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Muara Enim, Abdul Nadjib menambahkan tujuan rakor juga dalam dalam mencapai visi dan misi RPJPD diantaranya melakukan peningkatan aksebilitas dan kualitas pelayanan publik.

Termasuk pendidikan dan kesehatan, serta didukung ketahanan pangan dan peningkatan infrastruktur dengan tetap memperhatikan pelestarian lingkungan hidup," ungkapnya.

Menurut Nadjib tema rakor tersebut yakni "Pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas," dengan empat point rancangan prioritas. Pertama, pembangunan sumber daya manusia, difokuskan pada pembangunan pendidikan, kesehatan dan penanggulangan kemiskinan.

Kedua, peningkatan infrastruktur dan penunjang perekonomian, difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan sektor unggulan.[rik] 

Komentar Pembaca
#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00