RSUD Besemah Kekurangan Stok Darah

Sosial  RABU, 07 MARET 2018 , 10:58:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

RSUD Besemah Kekurangan Stok Darah

RSUD Besemah/NET

RMOL.Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pagaralam mengalami kekurangan stok darah, bahkan dapat dikatakan stok darah kosong, karena saat ini hanya tersediadua kantong.

Informasi yang diterima RMOLSumsel, Rabu (7/3), kosongnya stok darah ini salah satu faktornya, karena kurangnya minat masyarakat yang ingin mendonorkan darah. Ditambah sampai saat ini hanya ada 20 pendonor yang tergolong rutin melakukan donor darah.

Kepala Unit Transfusi Darah RSUD Pagaralam dr. Nani, melalui salah satu staff UTD Yulis, saat ditanya  membenarkan jika saat ini stok darah di RSUD Pagaralam hanya terdapat 2 kantong darah, dapat dikatakan kosong. Bahkan kosongnya stok darah ini sudah terjadi beberapa pekan ke belakang.

"Untuk saat ini pendonor yang rutin hanya beberapa saja, dan itupun tidak bisa dipastikan per 3 bulanya, jadi inilah yang menyebabkan stok darah sangat minim,"katanya.

Sambung Yulis, jika saat ini UTD RSUD Besemah, masih mengandalkan sumbangan dari kegiatan sosial, seperti kegiatan yang dilakukan Dinas Sosial dengan program donor darah masal dan kegiatan sosial lainya dari Dinas maupun komunitas-komunitas lain di Pagaralam.

"Biasanya dari sanalah stok darah banyak kita dapatkan, karena jika menunggu pendonor datang, hasilnya tidak begitu banyak,"jelasnya.

Ditambahkan Yulis, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk lebih sadar untuk sering mendonorkan darah, sebab selain bermanfaat bagi kesehatan juga bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"Kita selalu siap jika ada masyarakat yang akan mendonorkan darah,"pungkasnya.[sri]







Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00