Dinkes Pagaralam Screning Pelajar Perokok, Hasilnya Bikin Kaget..

Kesehatan  SELASA, 06 MARET 2018 , 14:57:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Dinkes Pagaralam Screning Pelajar Perokok, Hasilnya Bikin Kaget..

Screning Pelajar Perokok/RMOLSUMSEL/Delta Handoko

RMOL. Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam terus mengeber kegiatan menuju program Pagaralam sehat 2018. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berbagai kegiatan untuk menciptakan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan terus dilakukan.

Bahkan sudah sejak beberapa tahun ini Dinkes sudah melakukan kegiatan penditeksian dini bahaya rokok terhadap remaja di Kota Pagaralam. Melaui kegiatan Screning pemeriksaan penjaringan perokok pada remaja sekolah.

Dinkes mengetahui berapa persen siswa sekolah yang sudah menjadi perokok aktif. Bahkan melalui kegiatan itu juga Dinkes juga dapat mengetahui siswa atau siswi yang hanya menjadi perokok pasif saja.

Pantauan RMOLsumsel (6/3) menyebutkan, Dinkes mengelar pemeriksaan perokok di SMAN 4 Plus Kota Pagaralam. Ada 40 siswa yang dijadikan sempel kegiatan tersebut. Dari beberapa yang siswa discrening didapatkan siswa yang terindikasi perokok aktif dan pasif.

Kabid Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes Kota Pagaralam, Subur Wicaksono didampingi Kasi PTM dan Keswa, Charles Kurniawan mengatakan, melaui kegiatan ini Dinkes dapat mengetahui remaja yang sudah menjadi perokok aktif atau hanya perokok pasif.

"Tahun lalu ada 6 sekolah yang kita screning setiap sekolah kita ambil 50 siswa terdiri dari 35 siswa dan 15 siswi. Dari jumlah tersebut ada sekitar 35 siswa yang terindikasi menjadi perokok. Bahkan ada siswi yang terindikasi," ujarnya.

Dijelaskan Charles, namun biasanya siswi dan siswa yang terjaring bukan sebagai perokok aktif namun hanya menjadi perokok pasif. Pasalnya dirumahnya ada perokok aktif.

"Kita juga banyak mendapati siswi yang saat discrening mendapat hasil lebih dari 7. Ini biasanya dirumahnya atau dilingkungannya banyak perokok aktif," jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa dan siswi yang sudah terindikasi menkadi perokol dapat hati-hati dan tidak menjadi perokok baik aktif maupun pasif karena bisa membahayakan kesehatan.

Sementara itu, Wakil Kesiswaan SMAN 4 Plus Kota Pagaralam, Merdiansyah mengatakan, pihaknya akan menindak siswa yang terindikasi menjadi perokok aktif.

"Kita akan panggil orang tua siswa yang terindikasi menjadi perokok aktif. Nanti kita akan berikan hasil tesnya agar orang tua bisa ikut mengawasi," tegasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00